Jangan Asal, Catat Panduan Memilih Produk Kulit Sensitif Sesuai Rekomendasi Dokter Agar Tak Semakin Meradang

| 29 Jul 2022 08:10
Jangan Asal, Catat Panduan Memilih Produk Kulit Sensitif Sesuai Rekomendasi Dokter Agar Tak Semakin Meradang
Ilustrasi kulit sensitif (Unsplash.com/Coline Hasle)

ERA.id - Kesehatan kulit dan perawatan yang tepat sesuai jenis kulit merupakan suatu hal yang penting, namun sering terabaikan. Seperti halnya kulit sensitif harus dikenali oleh setiap orang, sehingga jika mengalaminya tahu cara merawatnya dengan baik.

Memilih produk perawatan yang tepat untuk membantu meringankan gejala kulit sensitif dan mencegah kekambuhan dermatitis atopik penting untuk dilakukan. Pelembab (moisturizer) dan pembersih (cleanser) merupakan produk yang dianjurkan untuk memperbaiki sawar kulit (skin barrier), dan mengurangi kulit kering yang biasa ditemukan di kulit sensitif.

"Keluhan yang sering ditemukan adalah gatal, kulit kering, bersisik, dan kemerahan. Namun, pada kulit sensitif, keluhan dapat berupa rasa panas, seperti terbakat dan menyengat walau kulit terlihat normal. Dalam kondisi ini penting menjaga kesehatan kulit," kata Dr. Margaretha Indah Maharani, Sp.KK, FINSDV, FAADV, pada keterangan resmi Cetaphil.   

"Sangat penting untuk memilih produk yang diformulasikan khusus untuk memulihkan dan mempertahankan sawar kulit (skin barrier)," lanjutnya.

Dokter Indah juga menjabarkan beberapa kandungan produk yang dianjurkan untuk digunakan di kulit yang sensitif. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk mengembalikan kesehatan kulit dan mencegah terjadinya gejala yang mengganggu.

"Kandungan yang dianjurkan di antaranya yang mengandung ceramide, derivate filaggrin yang dapat mengikat air di dalam kulit, minyak nabati seperti minyak biji bunga matahari, niacinamide, dan zat aktif lain yang membantu mengatasi dan mengembalikan kesehatan kulit pasien dengan kulit sensitif," jelas Dr. Indah Maharani.

Rekomendasi