Jangan Asal Pilih, Dokter Ungkap Cara Memilih Baby Skincare Terbaik

| 01 Jul 2023 16:03
Jangan Asal Pilih, Dokter Ungkap Cara Memilih Baby Skincare Terbaik
Ilustrasi bayi (Foto: Pexels/Anastasiya Gepp)

ERA.id - Biasanya, skincare sangat identik dengan perawatan perempuan dewasa. Kenyataannya, bayi juga memerlukan skincare untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, kita jangan asal memilih skincare untuk bayi.

Berbeda dengan kulit orang dewasa, kulit bayi sangatlah sensitif. Alasan inilah yang membuat bayi membutuhkan perawatan khusus. Sebab, kulit bayi sangat rentan mengalami masalah. Mulai dari alergi, ruam, biduran, hingga kulit kering.

Sebagai negara tropis yang sepanjang tahun disinari oleh matahari, kulit menjadi organ yang penting untuk dilindungi. Untuk sang buat hati, orangtua harus cermat dalam memilih baby skincare. 

Kali ini, dr. Deva Putriane, Cht, CPHCT mengatakan kulit bayi dan anak-aak memiliki ciri khusus yang membuatnya lebih rapuh dan sensitif dibanding kulit dewasa. 

Luncurkan kolaborasi Dwi Handa dan Multipurpose Balm (Foto: Era.id/Adelia)
Luncurkan kolaborasi Dwi Handa dan Multipurpose Balm (Foto: Era.id/Adelia)

Selain itu, permukaan kulit anak dua hingga tiga kali lebih besar daripada orang dewasa karena rasio permukaan/berat lebih tinggi. Dokter Deva menjelaskan bahwa secara struktur, ada perbedaan mendasar antara kulit dewasa dengan anak-anak dan bayi.

Dokter Deva mengatakan setiap bayi memiliki jenis kulit yang berbeda. Beberapa diantaranya kulit kering, sensitif (atopik) dan normal. Jadi, pastikan untuk memilih skincare bayi yang sesuai dengan jenis kulit.

"Produk cocok sama anak. Kita tahu dulu karena kulit bayi sensitif banget. Jadi kalau mau pakai produk, kita tahu dulu kondisi anak kita. Yang perlu diperhatikan adalah jenis kulit anak," ujar Dokter Deva, saat ditemui di JCC, Jl. Gatot Subroto , Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta pada Sabtu (1/7/2023).

Lebih lanjut, Dokter Deva mengungkap Multipurpose Balm dari Beeme sangat cocok skincare bayi. Ia mengatakan skincare jenis ini sangat pantas untuk segala jenis kulit bayi.

"Produk yang dioleskan ke kulit anak biasanya lebih mudah meresap. Penyerapan kulit juga didorong oleh lingkungan yang lembab (kulit di bawah popok), kulit yang rusak (ruam popok), dan lipatan," jelasnya.

Luncurkan kolaborasi Dwi Handa dan Multipurpose Balm (Foto: Era.id/Adelia)
Luncurkan kolaborasi Dwi Handa dan Multipurpose Balm (Foto: Era.id/Adelia)

Dokter Deva menjelaskan bahwa produk yang ditujukan untuk bayi belum sepenuhnya efektif ketika digunakan oleh orang dewasa. Begitu pula ketika produk dewasa belum tentu aman digunakan oleh kulit bayi dan anak-anak. 

Maka dari itu, produk yang efektif digunakan oleh seluruh anggota keluarga harus diformulasikan dengan cermat. Menurutnya, produk Multipurpose Balm Beeme sangat cocok untuk segala jenis bayi.

"Kulit dewasa terbilang mempunyai pori-pori yang lebih be-sar dan cenderung lebih berminyak dibanding kulit bayi. Kulit dewasa juga mempunyai Ph yang berbeda dibanding bayi," ucapnya.

Produk ini berfungsi untuk menjaga kelembapan dan kehalusan kulit. Dari segi bahan baku, produk ini seluruhnya terbuat dari bahan-bahan alami, karena telah diformulasikan menggunakan lilin lebah yang bersumber secara berkelanjutan, yang berfungsi untuk mengunci kelembapan, melembabkan dan menenangkan area yang ditargetkan.

"Maka, produk yang bisa digunakan untuk seluruh anggota keluarga harus memperhatikan faktor-faktor ini," katanya.

Rekomendasi