Penonton Formula E Dipangkas dari 50 Ribu Jadi 10 Ribu, Yusuf Muhammad: Gubernur Pembohong

| 28 Mar 2022 19:05
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - Pegiat media sosial Yusuf Muhammad menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai pembohong.

Hal itu dilontarkan Yusuf Muhammad melalui akun media sosial Twitternya @yusuf_dumdum menyusul Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menurunkan target penonton Formula E dari sebelumnya 50 ribu orang menjadi 10 ribu orang.

Yusuf juga menyinggung terkait program rumah DP 0 persen yang juga mengalami pemangkasan.

Target pembangunan program rumah DP 0 persen itu dipangkas menjadi 95,5 persen.

"Koar-koar mau bangun rumah DP 0 % ternyata gak terpenuhi, akhirnya targetnya dipangkas hingga 95,5 persen. Koar-koar lagi katanya penonton Formula E ditarget 50rb. Ternyata sekarang dipangkas jadi 10rb penonton. Skrg koar2 mau bikin pabrik minyak goreng," jelas Yusuf Muhammad pada Senin (26/03/2022) lalu.

Sebelumnya,  Kapasitas penonton Formula E yang semula ditargetkan untuk 50 ribu penonton ,kini dikurangi menjadi 10 ribu. Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Menurut dia, alasan tersebut diambil karena menyesuaikan daya tampung di Ancol, Jakarta Utara yang terbatas.

"Tempatnya kan di Ancol dan juga memiliki keterbatasan jadi memang disesuaikan dengan tempat yang ada," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin (28/2/2022).

Dengan keterbatasan kapasitas di Ancol itu, lanjut dia, sehingga diperkirakan tidak memungkinkan mencapai kapasitas yang besar.

Namun, Wagub DKI tidak menjelaskan soal ada tidaknya kajian yang yang dilakukan menyangkut kapasitas penonton.

"Memang kalau pembangunan memang sudah diputuskan di Ancol dari kami sudah memiliki sirkuit baru yang tempatnya lebih aman tidak mengganggu fasilitas umum lainnya," ucap Riza saat ditanya awak media terkait kajian kapasitas penonton.

Di sisi lain, lanjut dia, menonton balap mobil listrik itu tak harus ke lokasi namun bisa juga disaksikan melalui saluran televisi.

Namun, Riza tidak menjelaskan lebih lanjut soal ada tidaknya rencana menayangkan secara langsung di stasiun televisi nasional atau internasional.

"Menonton itu kan tidak harus datang ke lokasi tapi juga melalui media TV dan sebagainya," ucapnya.

Sebelumnya, Penasihat Sirkuit Formula E yang merupakan tim teknis dari Ikatan Motor Indonesia Irawan Sucahyono menambahkan kapasitas penonton di tribune diperkirakan 10 ribu.

Meski begitu, lanjut dia, kemungkinan terus berkembang dan ditinjau kembali oleh Formula E Operation (FEO).

"Tribune rampung harus menunggu trek selesai," ucapnya Jumat (25/3).

Balap mobil listrik Formula E Jakarta atau 2022 Jakarta E- Prix di Ancol akan berlangsung pada 4 Juni 2022 atau tinggal 67 hari lagi.

Konstruksi sirkuit dikerjakan oleh kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama dengan waktu pengerjaan diperkirakan selama 54 hari dengan anggaran Rp60 miliar.

Lintasan Formula E Jakarta memiliki panjang 2,4 kilometer dengan lebar 12 meter dan 18 tikungan dengan pemandangan laut dan Jakarta International Stadium (JIS).

Kami juga pernah menulis soal Pembangunan Sirkuit Formula E Molor Karena ada Revisi, Chusnul: Niat Awal Sudah Jelek, Pasti akan Jelek Terus Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Rekomendasi