Anggaran Sirkuit Formula E Naik Jadi Rp60 Miliar, Yusuf Muhammad: Kalau Nipu dan Habisin Anggaran Memang DKI Jagonya

| 08 Mar 2022 08:30
Anggaran Sirkuit Formula E Naik Jadi Rp60 Miliar, Yusuf Muhammad: Kalau Nipu dan Habisin Anggaran Memang DKI Jagonya
Sirkuit Formula E (Antara)

ERA.id - Pegiat media sosial Yusuf Muhammad menyindir anggaran pembangunan Sirkuit Formula E yang naik dari sebelumnya sebesar Rp50 miliar menjadi Rp60 miliar.

Yusuf Muhammad melalui akun Twitternya menyatakan anggaran yang telah ditetapkan Rp50 miliar tersebut dalam beberapa minggu sudah meningkat.

Dia pun menyindir Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pandai menipu dan menghabiskan anggaran.

"Lumayan bisa nambah cuan! Sudah ditetapkan 50M, baru berjalan beberapa minggu sudah naik jd 60M. Kalau soal menipu dan menghabiskan anggaran memang DKI jagonya," jelas Yusuf Muhammad pada Senin (07/03/2022).

Sebelumnya, dikutip dari Antara, Penanggung Jawab Proyek Sirkuit Internasional Formula E Jakarta (Jakarta International E-Prix Circuit/JIEC) dari PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Ari Wibowo mengatakan, anggaran pembangunan sirkuit Formula E di Ancol mencapai Rp60 miliar.

Ari mengungkapkan, anggaran Rp60 miliar itu seluruhnya digunakan untuk pembangunan trek balapan mobil balap listrik Formula E.

"Anggarannya ini kalau di tahap saat ini kami masih di Rp60 miliar ya. Saya tidak boleh masuk ke keseluruhan anggaran untuk penyelenggaraan 'event' ini, karena itu di luar saya," ujar Ari kepada wartawan di lokasi pembangunan JIEC di Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu.

Menurut dia, angka itu lebih hemat Rp40 miliar dari perkiraan awal yang disampaikan Ketua Pelaksana atau Organizing Committee (OC) Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni saat pertama kali mengunjungi area proyek JIEC pada Rabu, 22 Desember 2021.

Saat itu, Sahroni mengatakan, anggaran pembangunan sirkuit Formula E di Jakarta sekitar Rp100 miliar dan tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta.

Menurut Sahroni, dampak ekonomi yang ditimbulkan dari kegiatan Formula E di Jakarta sekitar 78 juta Poundsterling Inggris (setara Rp1,4 triliun).

"Dampak dari kegiatan Formula E itu seluruhnya bisa hampir 78 juta Poundsterling Inggris. Itu bukan Pendapatan Asli Daerah yang diterima Pemprov DKI tapi keuntungan secara total," kata Sahroni.

Sahroni menargetkan kapasitas penonton Formula E di JIEC mencapai 40.000 hingga 50.000 penonton. "Kami menargetkan penonton 40.000 sampai 50.000," ujar Sahroni.

Kami juga pernah menulis soal Progress Pembangunan Sirkuit Formula E Capai 52 Persen, DPRD DKI Jakarta: Insya Allah Awal April Rampung Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi