3 Momen Unik yang Tak Disangka-sangka Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II Hari Ini

| 19 Sep 2022 22:07
3 Momen Unik yang Tak Disangka-sangka Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II Hari Ini
Mahkota di peti mati Ratu Elizabeth II (Instagram)

ERA.id - Rangkaian prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II akan berakhir hari ini. Setelah berlangsung selama 10 hari, kini, Senin (19/9/2022) prosesi itu akan berakhir.

Suasana emosional telah mewarnai detik-detik pemakaman. Namun, sebelum benar-benar diantar ke tempat peristirahatan terakhirnya ke Westminster Abbey, ada beberapa kejadian unik yang tak disangka-sangka. Berikut, rangkuman Era.id.

1. Presiden Armenia langgar aturan dilarang foto saat pemakaman

Presiden Armenia Vahagn Khachaturyan melanggar aturan dilarang foto saat pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, London, Inggris.

(Tangkapan layar YouTube)

Dikutip dari Metro, Khachaturyan melanggar aturan resmi saat Ratu Elizabeth II disemayamkan atau lying-in-state di dalam bangunan berusia 1.000 tahun tersebut.

Ajudan memotretnya menggunakan ponsel berpose di depan peti mati Ratu Elizabeth II saat berada di jalur VIP.

Seorang sumber mengatakan kepada The Sun, "Semua orang mengikuti aturan itu sampai ke intinya--kecuali satu individu ini."

2. Gaya istri Dubes RI

Duta Besar Indonesia untuk Inggris Raya Desra Percaya menghadiri seremoni kenegaraan pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey, London, Senin (19/9/2022). Ia didampingi istrinya, Sari Percaya, yang tampil beda dengan kebaya.

Dubes Desra dan istri tiba di gereja bersejarah tersebut sekitar sejam lebih awal sebelum kebaktian dimulai pada pukul 11.00 waktu setempat.

(Foto: YouTube/BBC)

Sang istri memilih membawa sentuhan Indonesia dalam balutan kebaya.

Kebaya kutubaru hitam dengan bawahan batik sogan menjadi andalan Sari Percaya. Ia melengkapi gayanya dengan selendang dan tas batik senada.

Rambutnya pun disanggul sehingga semakin membedakan gaya Sari dengan tamu perempuan lainnya yang memakai topi atau fascinator sesuai dresscode.

"Kebaya masuk Westminster Abbey," tulis Dubes Desra di Instagram Story membalas sebuah posting-an.

3. Afrika minta Kerajaan Inggris kembalikan berlian di mahkota Ratu Elizabeth II

Masyarakat Afrika Selatan meminta kerajaan Inggris untuk mengembalikan berlian terbesar di dunia bernama Great Star, yang saat ini tengah berada di mahkota dan tongkat Ratu Elizabeth II.

Dilansir dari CNN, Senin (19/9/2022), berlian itu merupakan berlian terbesar di dunia dengan bobot sekitar 3.106 karat awalnya dibeli oleh pemerintah Transvaal Afrika Selatan pada 1907, karena pada saat itu Afrika Selatan berada di bawah kekuasaan Inggris.

“Berlian Cullinan diberikan kepada Raja Edward VII (raja Inggris saat itu) pada tahun 1907, dua tahun setelah penemuannya di tambang pribadi di Afrika Selatan. provinsi Transvaal lama,” jelas Royal Collection Trust, yang mengawasi koleksi kerajaan keluarga kerajaan Inggris.

Namun tak lama usai Ratu Elizabeth II mangkat, lebih dari 6.000 orang di Afrika Selatan menandatangani petisi yang meminta agar kerajaan Inggris mengembalikan Great Star.  rakyat Afrika Selatan menilai bahwa berlian itu sebenarnya milik warisan leluhur mereka.

Nah, itulah tiga momen unik jelang pemkaman Ratu Elizabeth II.

Rekomendasi