Pesan Hangat Kim Jong Un untuk Xi Jinping

| 23 Oct 2022 17:11
Pesan Hangat Kim Jong Un untuk Xi Jinping
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam pertemuan Partai Buruh Korea. Foto dirilis pada 7 Juni 2020 oleh Kantor Berita Korea Utara (KCNA). ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS/pras.

ERA.id - Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un mengirimkan ucapan selamat kepada Presiden China Xi Jinping yang berhasil mempertahankan kekuasaannya untuk periode ketiga. 

Laporan datang dari Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) di Pyongyang setelah Komite Sentral Partai Komunis China memilih Xi sebagai sekretaris jenderalnya untuk masa jabatan lima tahun lagi.

"Terimalah ucapan selamat saya yang terhangat kepada Anda atas kabar gembira bahwa Anda terpilih kembali sebagai sekretaris jenderal Komite Sentral Partai," demikian pesan Kim lewat KCNA seperti dilansir dari The Guardian.

"Saya, bersama dengan Anda, akan membangun hubungan DPRK-China yang lebih indah di masa depan untuk memenuhi tuntutan zaman," kata Kim, menggunakan akronim nama resmi Korea Utara.

Seperti diketahui, China adalah sekutu lama Korea Utara. Hubungan kedua negara berlangsung erat sejak Perang Korea, ketika Mao Zedong mengirim jutaan sukarelawan untuk melawan pasukan PBB yang dipimpin Amerika Serikat. 

Hubungan Korea Utara-China sempat naik-turun bertahun-tahun karena ambisi nuklir Pyongyang. Namun, keduanya telah bekerja untuk memperbaiki hubungan mereka.

Xi Jinping yang berusia 69 tahun juga diangkat kembali sebagai kepala Komisi Militer Pusat China. Secara resmi, Xi akan menjalani masa jabatan ketiga sebagai presiden China pada sesi legislatif tahunan pemerintah China pada bulan Maret mendatang.

Hasil kongres ke-20 Partai Komunis China dan penunjukannya sebagai sekretaris jenderal pada hari Minggu (23/10) semakin mengukuhkan Xi sebagai pemimpin Tiongkok terkuat sejak pendiri Partai Komunis China Mao Zedong.

Rekomendasi