Kirim Pesan ke Kim Jong Un, Xi Jinping: China Siap Kerja Sama untuk Perdamaian Dunia

| 26 Nov 2022 14:35
Kirim Pesan ke Kim Jong Un, Xi Jinping: China Siap Kerja Sama untuk Perdamaian Dunia
Presiden China Xi Jinping. (ANTARA/CPC-Press Center)

ERA.id - Presiden China Xi Jinping mengatakan kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bahwa Beijing bersedia bekerja sama dengan Pyongyang untuk perdamaian dunia, kata media pemerintah Korea Utara (KCNA), Sabtu (26/11).

Pesan dari Xi datang beberapa hari setelah Korea Utara menembakkan rudal balistik antarbenua dan menyatakan akan menghadapi ancaman nuklir AS dengan nuklirnya sendiri.

Dalam pesannya kepada Kim, Xi mengatakan Beijing siap bekerja sama dengan Korea Utara untuk "perdamaian, stabilitas, pembangunan, dan kemakmuran kawasan dan dunia", lapor KCNA.

Menurut laporan itu, Xi bersedia bekerja sama dengan Pyongyang karena "perubahan di dunia dan sejarah terjadi dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya".

Pesan dari Xi merupakan tanggapan atas ucapan selamat dari Kim setelah Kongres Partai Komunis China bulan lalu menyerahkan masa jabatan ketiga kepada Xi.

Beberapa hari sebelum peluncuran rudal Korea Utara, Xi sempat bertemu dengan Presiden AS Joe Biden di sela-sela KTT G20 di Bali. AS mengatakan mereka ingin China sebagai sekutu terpenting Korea Utara untuk membantu mengendalikan negara itu.

Rekomendasi