Sah! Kabinet Malaysia di Bawah Pimpinan Anwar Ibrahim Resmi Dilantik

| 03 Dec 2022 18:07
Sah! Kabinet Malaysia di Bawah Pimpinan Anwar Ibrahim Resmi Dilantik
Perdana Menteri Malaysia ke-10 Anwar Ibrahim. (ANTARA/Virna P Setyorini)

ERA.id - Kabinet Malaysia baru yang dipimpin oleh Perdana Menteri Anwar Ibrahim dilantik pada Sabtu sore (3/12/2022) setelah malam sebelumnya ia mengumumkan susunan kabinet lengkapnya.

Sebelumnya, dilansir dari CNA, dalam pidato yang disiarkan televisi pada Jumat malam (2/12/2022), ia mengatakan, “Setelah dilantik besok, saya akan mengadakan pertemuan khusus dengan para menteri sehingga beberapa aturan, arahan, metode baru dapat diperkenalkan untuk mempercepat upaya dalam menjalankan tugas mereka."

Ia juga menekankan bahwa dalam pemerintahan persatuannya, isu tata pemerintahan yang baik, meringankan beban rakyat, dan pembangunan ekonomi akan menjadi prioritas utama.

Ketua Pakatan Harapan (PH) itu menunjuk dua wakil perdana menteri, yaitu Ahmad Zahid Hamidi dari Barisan Nasional (BN) dan Fadillah Yusof dari Gabungan Parti Sarawak (GPS). Perdana Menteri Malaysia ke-10 itu juga akan merangkap sebagai menteri keuangan.

Pada Sabtu pagi, diadakan upacara pengambilan sumpah untuk para senator yang ditunjuk di Majelis Tinggi. Di antara para senator yang terpilih menjadi menteri antara lain Tengku Zafrul sebagai menteri perdagangan.

Kabinet pemerintahan persatuan Anwar terdiri dari 28 menteri, lebih sedikit dari tim kabinet baru-baru ini yang dipimpin oleh Ismail Sabri Yaakob dan Muhyiddin Yassin. Sementara itu, daftar wakil menteri belum diumumkan.

Rekomendasi