China Putuskan Stop Pelaporan Kasus Covid Harian di Negaranya, Kenapa?

| 26 Dec 2022 06:30
China Putuskan Stop Pelaporan Kasus Covid Harian di Negaranya, Kenapa?
Ilustrasi tes Covid-19 di China. (ANTARA/Yuni Arisandy Sinaga)

ERA.id - Komisi Kesehatan Nasional China (NHC), yang selama tiga tahun terakhir telah menerbitkan angka kasus Covid-19 harian untuk negara tersebut, mengatakan tidak akan lagi merilis data tersebut mulai Minggu (25/12/2022) seperti dilansir dari Reuters.

"Informasi Covid yang relevan akan diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China untuk referensi dan penelitian," kata NHC dalam sebuah pernyataan, tanpa menyebutkan alasan perubahan atau seberapa sering Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China (CDC) akan memperbarui informasi Covid-19.

Penghentian NHC untuk melaporkan infeksi harian dan total kematian terjadi ketika kekhawatiran tumbuh di sekitar kurangnya informasi penting sejak Beijing membuat perubahan besar pada kebijakan nol Covid yang telah menempatkan ratusan juta warganya di bawah lockdown tanpa henti.

Terlepas dari rekor lonjakan infeksi, NHC telah melaporkan tidak ada kematian akibat Covid secara nasional selama empat hari berturut-turut sebelum menghentikan rilis data.

Sebelumnya, China mempersempit definisinya untuk melaporkan kematian akibat Covid dan hanya menghitung mereka yang berasal dari pneumonia atau gagal napas yang disebabkan Covid.

Rekomendasi