Sambut Tahun Baru, Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik ke Laut Jepang

| 01 Jan 2023 10:51
Sambut Tahun Baru, Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik ke Laut Jepang
Rudal hipersonik Hwasong-8 yang baru dikembangkan diuji coba di Toyang-ri, Ryongrim, Jagang, Korea Utara, dalam foto tak bertanggal yang dirilis pada Rabu (29/9/2021) oleh Kantor Berita Korut KCNA. (ANTARA)

ERA.id - Korea Utara menembakkan satu rudal balistik jarak pendek ke arah Laut Jepang bertepatan saat tahun baru, Minggu (1/1/2023).

Rudal meluncur dari daerah Yongseong di ibu kota Pyongyang dan mendarat di Laut Timur yang juga dikenal sebagai Laut Jepang seperti diberitakan kantor berita Yonhap.

Ketegangan militer di semenanjung Korea meningkat tajam pada tahun 2022 ketika Korea Utara melakukan uji coba senjata penghancur hampir setiap bulan, termasuk menembakkan rudal balistik antarbenua tercanggih yang pernah ada.

Sebelumnya, pada hari Sabtu (31/12/2022), Korea Utara menembakkan tiga rudal balistik jarak pendek sehari setelah Korea Selatan berhasil menguji kendaraan peluncuran ruang angkasa berbahan bakar padat.

Penembakan rudal Korea Utara itu juga melanjutkan serbuan lima drone Korea Utara ke wilayah udara Korea Selatan awal pekan ini.

Serbuan drone Korea Utara hari Senin lalu (26/12/2022) adalah insiden pertama dalam lima tahun dan mendorong permintaan maaf dari menteri pertahanan Seoul setelah militer gagal menembak jatuh drone tersebut.

Rekomendasi