Lagi! Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik ke Semenanjung Korea

| 18 Dec 2022 12:29
Lagi! Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik ke Semenanjung Korea
Bendera Korea Utara. (Unsplash/micha brandhli)

ERA.id - Korea Utara menembakkan rudal balistik ke laut lepas pantai timur Semenanjung Korea pada Minggu (18/12/2022), kata militer Korea Selatan seperti dilansir dari CNA.

Penyiar publik Jepang NHK mengatakan, rudal balistik yang ditembakkan Korea Utara mendarat di luar zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang, mengutip pejabat pemerintah yang tidak disebutkan namanya.

Peluncuran rudal Korea Utara terjadi beberapa hari setelah uji coba mesin berbahan bakar padat berdaya dorong tinggi untuk pengembangan senjata strategis baru dan mempercepat program nuklir.

Uji coba tersebut, yang diawasi oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, dilakukan pada Kamis (15/12/2022) di Lapangan Peluncuran Satelit Sohae Korea Utara yang telah digunakan untuk menguji teknologi rudal, termasuk mesin roket dan kendaraan peluncuran ruang angkasa.

Korea Utara telah melakukan uji coba rudal dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini, termasuk rudal balistik antarbenua (ICBM) yang mampu mencapai daratan Amerika Serikat, meskipun ada larangan dan sanksi internasional.

Rekomendasi