Pesan Tahun Baru Presiden Rusia Vladimir Putin: Barat Munafik!

| 01 Jan 2023 12:00
Pesan Tahun Baru Presiden Rusia Vladimir Putin: Barat Munafik!
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Wikimedia Commons)

ERA.id - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Sabtu (31/12/2022) bahwa negaranya tidak akan pernah menyerah pada upaya Barat untuk menggunakan Ukraina sebagai alat untuk menghancurkan Rusia.

Dalam pesan video Tahun Baru yang disiarkan di TV pemerintah Rusia, Putin mengatakan Rusia berjuang di Ukraina untuk melindungi "tanah airnya" dan untuk mengamankan "kemerdekaan sejati" bagi rakyatnya.

Putin menuduh Barat berbohong kepada Rusia dan memprovokasi Moskow untuk meluncurkan apa yang disebutnya "operasi militer khusus" di Ukraina.

"Selama bertahun-tahun, elite Barat dengan munafik meyakinkan kami tentang niat damai mereka," katanya dalam pidato berdurasi sembilan menit yang difilmkan di markas distrik militer selatan Rusia.

"Faktanya, dengan segala cara mereka mendorong neo-Nazi yang melakukan terorisme terbuka terhadap warga sipil di Donbas," lanjutnya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu telah bersumpah kemenangan di Ukraina "tak terhindarkan" saat dia memuji kepahlawanan tentara Rusia yang bertempur di garis depan dan mereka yang tewas selama perang 10 bulan, Sabtu (31/12/2022).

"Barat berbohong tentang perdamaian," kata Putin. "Dan sekarang mereka secara sinis menggunakan Ukraina dan rakyatnya untuk melemahkan dan memecah belah Rusia."

Rekomendasi