10 Negara dengan Kualitas Hidup Tinggi Menurut Numbeo dan CEO World, Indonesia Termasuk?

| 15 Jan 2023 11:01
10 Negara dengan Kualitas Hidup Tinggi Menurut Numbeo dan CEO World, Indonesia Termasuk?
Negara dengan kualitas hidup tinggi

ERA.id - Standar hidup mengacu pada beberapa hal seperti tingkat kekayaan, kenyamanan, kebutuhan, dan barang-barang material yang tersedia di wilayah geografis tertentu. Maka dari itu, artikel ini akan membahas negara dengan kualitas hidup tinggi.

Kualitas hidup terkait erat dengan (dan sering digunakan secara bergantian dengan) kualitas hidup, yang secara umum dipahami mencakup ukuran kemakmuran yang sama dengan standar hidup, tetapi juga mencakup kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental.

Standar hidup dan kualitas hidup adalah istilah yang luas, tetapi juga sedikit ambigu, tidak ada teknik yang disepakati secara universal untuk mengukurnya. Namun, hal ini telah memberikan kesempatan bagi para ahli statistik untuk menciptakan berbagai macam persamaan, sistem, dan survei.

Cara Mengukur Indeks Kualitas Hidup

Dilansir dari worldpopulationreview, salah satu persamaan yang paling komprehensif adalah Indeks Kualitas Hidup Numbeo, yang mengukur delapan indeks di antaranya daya beli (termasuk sewa), keamanan, perawatan kesehatan, biaya hidup, rasio harga properti terhadap pendapatan, waktu perjalanan lalu lintas, polusi, dan iklim.

Cara Mengukur Indeks Kualitas Hidup (Unsplash)

Diketahui, daya beli, biaya hidup, dan rasio harga properti terhadap pendapatan adalah semua ukuran dari kemampuan finansial rata-rata warga negara di suatu negara, yang berhubungan langsung dengan standar hidup. Waktu Perjalanan Lalu Lintas cukup jelas tetapi penting (seperti yang akan disaksikan oleh setiap komuter).

Kemudian indeks keamanan mencakup keprihatinan tentang perampokan, pencurian mobil, dan kejahatan lainnya, serta prevalensi narkoba, kejahatan properti, kejahatan dengan kekerasan, serta korupsi dan penyuapan.

Selanjutnya, indeks perawatan kesehatan memperkirakan kualitas keseluruhan sistem perawatan kesehatan, dimulai dengan biaya untuk pasien dan beralih ke kualitas perawatan, peralatan, dokter, dan staf.

Indeks polusi memperkirakan keseluruhan polusi di negara tersebut.  Polusi udara diberi bobot paling signifikan, diikuti oleh polusi air dan aksesibilitas ke air bersih.

Lalu ada indeks iklim adalah kesukaan iklim suatu negara. Negara dengan indeks iklim 100 memiliki suhu sedang, kelembaban rendah, dan tidak ada peristiwa atau kondisi cuaca yang signifikan.

Berdasarkan indeks-indeks yang dijelaskan di atas,maka terurai data sebagai berikut:

10 Negara dengan Kualitas Hidup Tinggi (pertengahan 2021 data Numbeo)

  1. Swiss - 188.36
  2. Denmark - 186.25
  3. Belanda - 180.27
  4. Finlandia - 178,95
  5. Australia - 178,41
  6. Islandia - 177.64
  7. Austria - 176.36
  8. Jerman - 175.24
  9. Selandia Baru - 173.60
  10. Luksemburg - 171.81

Data di atas menjelaskan bahkan Eropa Utara memiliki skor yang tinggi (dengan tingkat skor terendah 40 dan tertinggi 200). Wilayah tersebut adalah rumah bagi beberapa orang dengan tingkat kualitas hidup yang tinggi. Namun ada data lainnya  sebagai pembanding.

10 Negara Terbaik Dunia untuk Kualitas Hidup (2021 - Data CEO World)

  1. Finlandia - 99,06
  2. Denmark - 98,13
  3. Norwegia - 96,75
  4. Belgia - 96,53
  5. Swedia - 96.15
  6. Swiss - 94.40
  7. Belanda - 93.69
  8. Prancis - 92.08
  9. Jerman - 91.26
  10. Jepang - 91,23

Survei diatas mengambil sampel lebih dari 258.000 orang tentang 10 metrik, termasuk kesetaraan, stabilitas, dan transparansi pemerintah. Kanada diketahui turun ke urutan ke-12 dalam daftar ini, yang juga menempatkan Australia di urutan ke-17 dan menyambut Jepang ke dalam 10 besar.

Selain  negara dengan kualitas hidup tinggi, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi