Kunjungi Turki Pasca Gempa, Kepala Program Pangan PBB: Seperti Kiamat!

| 26 Feb 2023 09:15
Kunjungi Turki Pasca Gempa, Kepala Program Pangan PBB: Seperti Kiamat!
David Beasley. (Twitter @WFPChief)

ERA.id - Kepala Program Pangan Dunia (WFP) PBB mengatakan bahwa ia menyaksikan pemandangan seperti kiamat ketika mengunjungi daerah yang dilanda gempa di Turki selatan, Sabtu (25/2/2023).

Gempa bumi yang melanda Turki dan Suriah pada 6 Februari lalu menewaskan lebih dari 50 ribu orang menurut data terbaru yang dirilis pada hari Jumat, (24/2/2023).

"Hanya ada satu cara untuk menggambarkan apa yang saya lihat hari ini: Apokaliptik," kata direktur eksekutif WFP David Beasley setelah mengunjungi kota Antakya di provinsi Hatay, Turki.

"Seluruh lingkungan telah diratakan; rumah hancur, sekolah dan toko tutup; nyawa tercabik-cabik. Skala kehancuran di sini benar-benar tidak dapat dipahami," katanya seperti dilansir dari CNA pada Minggu (26/2/2023).

Beasley menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa situasi di Suriah merupakan "malapetaka di atas bencana" yang merujuk pada perang saudara selama 12 tahun terakhir di negara itu.

WFP mengatakan Beasley mengunjungi pusat logistik PBB di mana truk-truk berisi makanan dan persediaan darurat lainnya berada sebelum menyeberang ke Suriah bagian barat laut.

Ia menekankan urgensi untuk meningkatkan pengiriman makanan ke Suriah "melalui semua rute - tanpa batasan apa pun", dan menyerukan "semua pihak untuk memfasilitasi akses".

Rekomendasi