Mengenal Shouw Zi Chew, CEO Tiktok yang Sempat Jadi Sorotan Usai Dicecar DPR AS

| 28 Mar 2023 15:25
Mengenal Shouw Zi Chew, CEO Tiktok yang Sempat Jadi Sorotan Usai Dicecar DPR AS
CEO TikTok Shou Zi Chew (foto: tangkapan layar youtube New York Times event)

ERA.id - Setelah menghadiri pertemuan di DPR Amerika Serikat dalam kapasitasnya sebagai CEO Tiktok, sosok Shou Zi Chew mendadak menjadi sorotan. Pria yang berasal dari Singapura itu menjawab berbagai macam pertanyaan selama 5 jam terkait perkembangan dan sepak terjang TikTok. Dalam artikel ini, kita akan mengenal Shou Zi Chew lebih jauh.

Chew harus kembali mengatur strategi karena adanya ancaman pelarangan TikTok di AS karena dituding membahayakan keamanan nasional, sebab TikTok dianggap menyimpan data warga AS. Lantas, seperti apa kepandaian dan pengalaman bos besar dari TikTok ini?

Pernah Hidup di Hutan Kalimantan Lima Hari

Dikutip dari Guardian, Shou Zi Chew pernah menceritakan pengalamannya yang mengesankan dan melelahkan dalam hidupnya, yaitu bertahan hidup selama lima hari di hutan Kalimantan saat dirinya menjalani wajib militer di angkatan bersenjata Singapura.

Shouw Zi Chew (Dok. Twitter/@Business)

Pria yang saat ini berumur 40 tahun tersebut berasal dari latar belakang keluarga yang relatif sederhana. Ayahnya berkarier di konstruksi dan ibu di pembukuan. Nasib mulai berpihak padanya saat berumur 12 tahun dengan mendapatkan nilai tinggi saat ujian nasional dan membuatnya lolos ke sekolah menengah elit. Di sanalah ia belajar bahasa Mandarin hingga fasih, selain bahasa Inggris.

Setelah ia menjalankan dinas militernya, dia mendapatkan gelar sarjana ekonomi dari University College London pada tahun 2006. Setelah lulus, Chew meniti karier di Goldman Sachs selama 2 tahun sebagai banker, sebelum menggabungkan diri dengan perusahaan pemodal ventura DST Global. Di perusahaan ini, ia memimpin tim investor awal ByteDance, induk TikTok.

Pada tahun 2010, Chew merampungkan gelar MBA di Harvard Business School. Saat itulah dia sempat menjalani magang di Facebook. Pengalamannya semakin banyak di bidang teknologi setelah menjadi Chief Financial Officer Xiaomi pada tahun 2015.

Pada tahun 2019, Chew naik pangkat menjadi International Business President di Xiaomi. Setelah malang melintang di Xiaomi, barulah Chew melanjutkan kariernya ke ByteDance. Chew ditawari langsung oleh pendiri ByteDance, Zhang Yiming, yang memang sudah mengenal Chew sejak kuliah di London.

Pada Maret 2021, Chew pun memilih bergabung dengan ByteDance sebagai Chief Financial Officer. Selanjutnya tak lama kemudian, dia dipilih untuk menggantikan CEO TikTok Kevin A Mayer, yang meninggalkan anak perusahaan ByteDance tersebut setelah bekerja tiga bulan lamanya.

Minta Dukungan Pengguna TikTok di AS

Chew menikah dengan Vivian Kao dan dikaruniai dua orang anak. Mereka bertemu ketika sama-sama menempuh pendidikan MBA di Harvard Business Shcool. Vivian adalah wanita berkebangsaan Taiwan dan AS.

Karier Chew yang melejit ke puncak industri teknologi menjadikannya pernah meraih ranking dalam daftar bergengsi Fortune 40 under 40 pada tahun 2021.

Eksekutif yang sebelumnya tampil low profile, sekarang harus sering tampil dan bertindak lebih ofensif sebagai bagian dari upaya TikTok untuk menggalang dukungan dalam rangka mencegah larangan di AS dan negara lainnya.

"Ini bisa mengambil TikTok dari Anda semua yang berjumlah sekitar 150 juta," katanya dalam sebuah postingan yang mengimbau pengguna TikTok di AS ikut berkontribusi memberi dukungan terhadap adanya ancaman pelarangan media sosial kesayangannya tersebut.

Demikianlah ulasan tentang latar belakang dan pengalaman hidup bos TikTok Shou Zi Chew. Semoga dapat menginspirasi.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi