Pecahan Meteor Jatuh di Rumah Warga Amerika Serikat, Tak Ada Korban Jiwa

| 11 May 2023 16:45
Pecahan Meteor Jatuh di Rumah Warga Amerika Serikat, Tak Ada Korban Jiwa
Gambar bongkahan meteorit yang jatuh di rumah warga di New Jersey, Amerika Serikat. (Istimewa)

ERA.id - Sebuah batu yang diduga meteorit menabrak atap rumah hunian di Hopewell Township New Jersey, Amerika Serikat (AS) pada Senin (8/5/2023) siang.

Tidak ada yang terluka akibat insiden itu dan polisi masih menyelidiki asal batu luar angkasa tersebut.

"Tampaknya apa pun yang datang dari langit jatuh melalui atap jendela atas, itu adalah kamar tidur ayah saya," kata Suzy Kop, menurut Kerri Corrado dari CBS News yang pertama kali melaporkan berita tersebut.

Keluarga itu ada di rumah pada saat kejadian, beruntung tidak ada yang terluka ketika batu yang tampak seperti logam itu menghunjam atap rumah.

Meteorit itu merusak lantai kamar tidur dan melubangi langit-langit rumah setelah memantul beberapa kali sebelum ditemukan oleh Kop yang mengira seseorang telah melempar batu ke rumah mereka.

Departemen kepolisian Hopewell dalam laporan terbaru mengatakan "telah menghubungi beberapa lembaga lain untuk mendapatkan bantuan dalam mengidentifikasi objek secara positif dan melindungi warga dan objek tersebut".

Batu luar angkasa itu berukuran sekitar 10 x 15 sentimeter dan berbentuk agak lonjong, menurut polisi. Mereka menduga itu bagian dari hujan meteor Eta Aquarid yang berlangsung bulan ini. Hujan meteor tahunan ini terjadi ketika bumi melewati puing-puing dari Komet Halley yang pecahannya terbakar di atmosfer bumi dan dapat menghasilkan pemandangan yang menakjubkan.

Dilansir dari Space.com, terkadang batuan luar angkasa yang tidak habis terbakar dapat ditemukan di tanah, tetapi jarang menyerang daerah berpenduduk. Insiden serupa pernah terjadi pada Oktober 2021, ketika meteorit seberat sekitar 1,3 kilogram menabrak atap rumah Kanada dan nyaris mengenai wajah penghuni yang sedang tidur.

"Di Amerika Utara, ada bangunan yang dihantam meteorit setiap tiga sampai lima tahun," kata Peter Brown, seorang astronom meteorit di Western University di Ontario, kepada Space.com.

Hingga saat ini, insiden jatuhnya meteorit terbaru di New Jersey masih dalam penyelidikan.

Rekomendasi