AS Serukan China Pakai Pengaruhnya untuk Bawa Korea Utara ke Meja Perundingan

| 04 Jun 2023 16:08
AS Serukan China Pakai Pengaruhnya untuk Bawa Korea Utara ke Meja Perundingan
Bendera Korea Utara. (Canva)

ERA.id - Amerika Serikat (AS) menyerukan China menggunakan pengaruhnya terhadap Korea Utara untuk mendorong Pyongyang kembali ke meja perundingan, kata Perwakilan Khusus AS untuk Korea Utara Sung Kim pada hari Minggu (4/6/2023) seperti dilansir dari Sputnik.

"Sangat disayangkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir komunitas internasional belum dapat berbicara dengan satu suara dalam mengutuk aktivitas sembrono dan destabilisasi Korea Utara. Kami mendesak Beijing untuk menggunakan pengaruhnya untuk mendorong Korea Utara menahan diri dari perilaku destabilisasi lebih lanjut dan kembali ke meja perundingan," kata Sung Kim kepada kantor berita Korea Selatan.

Washington juga mendesak China untuk memenuhi kewajibannya "berdasarkan resolusi yang diadopsi dengan suara bulat oleh anggota Dewan Keamanan PBB," tambah Sung Kim.

"Penting untuk menjelaskan kepada Korea Utara bahwa perilaku eskalasinya memiliki konsekuensi. Korea Utara juga harus memahami bahwa satu-satunya jalan maju yang layak adalah melalui diplomasi," kata Sung Kim, seraya menambahkan bahwa setiap serangan nuklir terhadap Korea Selatan akan ditanggapi dengan tanggapan yang cepat, luar biasa, dan tegas.

"Amerika Serikat terbuka untuk berdialog dengan Pyongyang dan tetap berkomitmen pada diplomasi," tandas Sung Kim.

Rekomendasi