Rusia Kirim Senjata Nuklir Taktis ke Belarusia, Biden: Ancaman Itu Nyata

| 20 Jun 2023 11:37
Rusia Kirim Senjata Nuklir Taktis ke Belarusia, Biden: Ancaman Itu Nyata
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Wikimedia)

ERA.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan bahwa ancaman Presiden Rusia Vladimir Putin yang menggunakan senjata nuklir taktis adalah "nyata", beberapa hari setelah mengecam penyebaran senjata semacam itu oleh Rusia di Belarusia.

Sebelumnya, Putin mengumumkan telah mengerahkan senjata nuklir praktis ke Belarusia yang langsung mendapatkan kecaman dari Biden.

"Ketika saya berada di sini sekitar dua tahun lalu, semua orang menganggap saya gila waktu bilang saya khawatir Sungai Colorado mengering," kata Biden kepada di California, Senin (19/6/2023), seperti dilansir dari CNA.

"Mereka menatap saya seperti ketika saya bilang saya khawatir Putin menggunakan senjata nuklir taktis," lanjutnya. "Itu nyata."

Pekan lalu, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan negaranya telah mulai menerima pengiriman senjata nuklir taktis Rusia. Menurutnya, beberapa di antaranya tiga kali lebih kuat dari bom atom yang dijatuhkan AS di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945.

Pengerahan senjata nuklir taktis Rusia diawasi ketat oleh AS serta sekutunya dan China, yang telah berulang kali memperingatkan terhadap penggunaan senjata nuklir dalam perang di Ukraina.

Pada bulan Mei, Rusia menepis kritik Biden terhadap rencananya untuk menyebarkan senjata nuklir taktis di Belarusia, dengan mengatakan bahwa AS telah mengerahkan senjata nuklir semacam itu selama beberapa dekade di Eropa.

Rekomendasi