Korea Utara Tuduh AS Kirim Pesawat Pengintai, Kementerian Pertahanan Ancam Tembak Jatuh

| 10 Jul 2023 14:15
Korea Utara Tuduh AS Kirim Pesawat Pengintai, Kementerian Pertahanan Ancam Tembak Jatuh
Ilustrasi pesawat pengintai. (Wikipedia)

ERA.id - Kementerian Pertahanan Nasional Korea Utara mengancam akan menembak jatuh pesawat pengintai Amerika Serikat (AS) yang melanggar wilayah udaranya, Senin (10/7/2023).

Tindakan militer provokatif oleh AS membawa semenanjung Korea lebih dekat ke konflik nuklir, kata juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional Korea Utara yang tidak disebutkan namanya dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita resmi KCNA.

Laporan itu juga mengutip penggunaan pesawat pengintai dan drone AS dan mengatakan Washington meningkatkan ketegangan dengan mengirim kapal selam nuklir di dekat semenanjung.

"Tidak ada jaminan bahwa kecelakaan mengejutkan seperti jatuhnya pesawat pengintai strategis Angkatan Udara AS tidak akan terjadi di perairan timur Korea," kata juru bicara itu seperti dilansir dari CNA.

Pernyataan itu mengutip insiden-insiden Korea Utara sebelumnya yang menembak jatuh atau mencegat pesawat AS di perbatasan dengan Korea Selatan dan di lepas pantai.

Sementara itu, pasukan AS dan Korea Selatan telah melakukan latihan udara dan angkatan laut tahun ini. Sebuah kapal selam rudal jelajah bertenaga nuklir AS juga berlabuh di Busan di Korea Selatan bulan lalu.

Pernyataan Korea Utara mengecam apa yang disebut langkah AS untuk mengerahkan kapal selam nuklir strategis yang membawa hulu ledak nuklir ke semenanjung Korea untuk pertama kalinya sejak 1981.

Rekomendasi