Hujan Monsun Terjang India, 15 Orang Tewas Akibat Banjir dan Longsor

| 10 Jul 2023 11:45
Hujan Monsun Terjang India, 15 Orang Tewas Akibat Banjir dan Longsor
Banjir di India akibat hujan monsun. (Istimewa)

ERA.id - Setidaknya 15 orang tewas dalam banjir dan tanah longsor yang dipicu oleh hujan monsun yang melanda India utara, kata pejabat pemerintah pada Minggu (9/7/2023).

Jalan di beberapa bagian ibu kota terendam air setinggi lutut karena digenangi air hujan 153mm. Pihak berwenang telah memerintahkan sekolah tutup di New Delhi pada hari Senin (10/7/2023).

Kantor berita Press Trust of India melaporkan hari Minggu bahwa 15 orang telah tewas dalam 24 jam terakhir di enam negara bagian India utara.

Negara bagian Hill terkena dampak paling parah dan menyebabkan enam orang tewas di Himachal Pradesh di mana tanah longsor memblokir sekitar 700 jalan, kata Omkar Sharma, seorang pejabat manajemen bencana kepada AFP.

Departemen meteorologi India memperkirakan lebih banyak hujan di sebagian besar India utara dalam beberapa hari mendatang.

Data resmi menunjukkan hujan muson di seluruh negeri pada minggu pertama bulan Juli telah menghasilkan curah hujan sekitar dua persen lebih banyak dari biasanya.

Curah hujan sulit diprediksi dan sangat bervariasi, tetapi para ilmuwan mengatakan perubahan iklim membuat monsun lebih kuat dan tidak menentu.

Rekomendasi