Negara Jajahan Belanda Selain Indonesia Mana Saja?

| 01 Aug 2023 23:01
Negara Jajahan Belanda Selain Indonesia Mana Saja?
Negara jajahan belanda (unsplash)

ERA.id - Selama berabad-abad, Belanda memiliki sejarah panjang sebagai kekuatan kolonial yang mendirikan jajahan di berbagai belahan dunia. Selain Indonesia, mana saja negara jajahan Belanda?

Negara jajahan Belanda tersebut menyimpan berbagai kisah menarik tentang budaya, politik, dan ekonomi. Selain Indonesia yang merupakan salah satu jajahannya yang paling terkenal, terdapat juga sejumlah negara lain yang pernah berada di bawah kekuasaan Belanda. Dalam artikel ini, kami akan mengulas tujuh negara jajahan Belanda selain Indonesia, dan menggali cerita menarik di balik penjajahan ini.

tujuh negara jajahan Belanda selain Indonesia (unsplash)

Beberapa Negara Jajahan Belanda

  1. India

Pertama, India, negara yang kaya akan rempah-rempah dan kekayaan alam. Belanda menguasai India selama lebih dari dua abad, mulai dari tahun 1605 hingga 1825. Dua kota penting di India, Suratte dan Bengal, menjadi kota perdagangan bagi Belanda.

  1. Taiwan

Kedua, Taiwan, sebuah pulau yang dikuasai oleh Belanda dari tahun 1624 hingga 1662. Belanda membangun Fort Zeelandia sebagai markas mereka di Taiwan dan menjadikannya sebagai tempat perdagangan dengan China, serta memanfaatkan hasil alam tebu dan perdagangan kulit rusa.

  1. Brasil

Ketiga, Brasil, sebuah negara di Amerika Selatan yang dijajah oleh Belanda setelah merebutnya dari Portugis. Penjajahan ini berlangsung dari tahun 1630 hingga 1654, dengan Belanda dan Dutch West Indies Company menguasai wilayah strategis Brasil, dari Sergipe hingga Maranhao, dan mengeksploitasi kekayaan alamnya seperti kopi, tebu, dan bijih besi.

  1. Vietnam

Keempat, Vietnam, yang memiliki potensi sebagai produsen kain sutra. Belanda berusaha memonopoli perdagangan di Vietnam melalui Dutch East India Company dengan menguasai kota pusat dagangnya, Hanoi, yang sering menjadi tempat pertemuan antara pedagang Asia dan Eropa. Masa penjajahan Belanda di Vietnam berlangsung dari 1636 hingga 1699.

  1. Malaysia

Kelima, Malaysia, negara tetangga Indonesia yang juga pernah terjajah oleh Belanda. Penjajahan Belanda di Malaysia berlangsung dua kali, pertama dari tahun 1641 hingga 1795 dan kedua dari tahun 1818 hingga 1825. Belanda tertarik menguasai Malaysia karena wilayahnya yang strategis dan potensi perdagangan rempah dan sutra.

  1. Afrika Selatan

Keenam, Afrika Selatan, yang mulai dijajah oleh Belanda sejak tahun 1652. Belanda memanfaatkan wilayah Cape of Good Hope sebagai tempat pengisian bahan bakar dan transit kapal Eropa yang ingin melanjutkan perjalanan ke Asia.

Meskipun pernah direbut Inggris pada tahun 1797, Belanda berhasil menguasai kembali wilayah ini mulai tahun 1802 hingga 1806. Selama penjajahan, Belanda juga menjadikan warga Afrika Selatan sebagai budak dan diperdagangkan ke Eropa.

  1. Suriname

Terakhir, Suriname, negara di Amerika Selatan yang dijajah oleh Belanda selama lebih dari dua abad, mulai dari tahun 1668 hingga 1905. Selama penjajahan ini, Suriname mengalami perbudakan yang mengerikan, melibatkan masyarakat Suriname dan bahkan sebagian orang Jawa yang dibawa oleh Belanda ke Suriname.

Selain negara jajahan belanda, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi