Negara dengan Udara Paling Bersih di Dunia, Sudah Pernah ke Sana?

| 15 Aug 2023 16:20
Negara dengan Udara Paling Bersih di Dunia, Sudah Pernah ke Sana?
Ilustrasi negara dengan udara paling bersih (Pixabay)

ERA.id - Lingkungan yang mendukung kesehatan, tentunya memberikan dampak baik dalam keseharian. Contohnya udara yang bersih, air yang jernih, dan penanganan limbah yang tepat. Semua hal tersebut mempengaruhi kesehatan dan jangka hidup masyarakat. Dalam artikel ini akan dibahas negara dengan udara paling bersih.

Untuk mengukur kebersihan lingkungan dari 180 negara, beberapa waktu lalu Universitas Yale dan Universitas Coloumbia berkolaborasi mengadakan penelitian dengan membentuk Word Economic Forum (WEF).

Penelitian ini akan mengukur Environmental Performance Index (EPI) atau biasa yang disebut dengan istilah Indeks Kinerja Lingkungan. Penelitian ini akan mengukur 32 indikator dalam 11 kategori yang berhubungan dengan Ekosistem dan kesehatan lingkungan.

EPI akan mengukur air, sanitasi, kualitas udara, dan keanekaragaman hayati dan habitat. Setelah beberapa hal tersebut dihitung, maka akan ditetapkan skor dari yang paling bersih sampai yang paling kotor.  

Ilustrasi (Pixabay)

Di bawah ini adalah hasil beberapa negara dengan udara terbersih di dunia, seperti yang dirangkum dari World Population Review.

Denmark

Denmark mempunyai skor 82,5 di mana Denmark menitikberatkan fokus pada pengurangan emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim. Denmark juga meningkatkan jumlah perahu bertenaga surya, hotel yang ramah lingkungan, dan makanan organik.

Luksemburg

Setelah Denmark, nilai skor yang di peroleh Luksemburg, tidak jauh berbeda, yaitu 82,3. Luksemburg merupakan negara yang kecil, dengan populasi sebanyak 600 ribu jiwa. Luksemburg mempunyai banyak pedesaan yang memiliki hutan lebat.

Swiss

Pada posisi ketiga ada Negara Swiss yang meraih skor 81,5. Swiss meraih nilai tertinggi dalam indikator air yang bersih serta sanitasi yang memadai. Swiss juga terkenal dengan air yang jernih dan juga satwa liar yang banyak.

Inggris Raya

Posisi keempat ditempati oleh Inggris Raya yang mempunyai skor 81,3. Inggris mempunyai keunggulan dalam hal sanitasi yang baik, air minum yang jernih, dan emisi.

Prancis

Negara Prancis menduduki posisi kelima yang memperoleh skor 80. Prancis sangat populer sebagai negara Industri, tetapi, 80% energinya memanfaatkan tenaga nuklir yang mampu mengurangi emisi karbon.

Austria

Austria meraih nilai EPI sebesar 79,6. Di mana Austria populer sebagai negara yang mempunyai udara murni dan bersih, dan juga pengelolaan limbah yang tepat. Selain itu, sepertiga wilayah Austria masih lebat dengan hutan dan padang rumput.

Finlandia

Finlandia selanjutnya meraih nilai tertinggi dalam indikator udara dan sanitasi, sehingga Finlandia menerima skor sebesar 78,9. Selain udara dan sanitasi, Finlandia juga fokus menggiatkan konservasi hutan dan satwa liar.

Swedia

Swedia pun populer dengan udaranya yang bersih. Negara ini masih berfokus pada konsep keberlanjutan yang karbon dioksidanya dikenal ramah. Dari programnya tersebut, Swedia mendapatkan skor EPI sebesar 78,7. Negara ini juga memiliki program pelestarian alam dan penghijauan di seluruh negeri.

Norwegia

Norwegia mendapatkan skor EPI 77,7, dengan nilai tertinggi pada indikator udara,  air, dan sanitasi yang bersih dan baik.  

Jerman

Selanjutnya, peringkat terakhir ditempati oleh Jerman dengan skor EPI 77,2. Jerman mendapatkan nilai yang tinggi dalam indikator sanitasi dan keanekaragaman hayati. 

Demikianlah ulasan tentang negara dengan udara paling bersih. Sementara itu, negara kita, Indonesia mendapat posisi di angka 117 dengan nilai 37,8.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi