Negara Paling Aman untuk Dikunjungi, Ada Satu dari Asia Tenggara

| 15 Oct 2023 19:05
Negara Paling Aman untuk Dikunjungi, Ada Satu dari Asia Tenggara
Swiss jadi salah satu negara paling aman untuk dikunjungi (unsplash)

ERA.id - Saat merencanakan liburan, tentu pertimbangan keselamatan dan keamanan selalu menjadi prioritas utama bagi Anda. Nah bagi Anda yang ingin liburan ke luar negeri, artikel ini akan membahas beberapa negara paling aman untuk dikunjungi.

Kita akan menjelajahi beberapa negara paling aman di dunia yang menawarkan pengalaman wisata yang luar biasa sambil meminimalkan risiko dan ketidaknyamanan. Penasaran?

Rekomendasi Negara Paling Aman untuk Dikunjungi

Institute of Economics and Peace (IEP) mengklasifikasikan sebanyak 163 negara dengan tiga domain ketenangan: tingkat keselamatan dan keamanan masyarakat, sejauh mana konflik domestik dan internasional berlangsung, dan derajat militerisasi.

Berikut ini hitungan mundur dari 10 besar negara-negara yang paling aman dan dapat Anda kunjungi:

  1. Swiss (Skor: 1.339)

Swiss adalah salah satu negara paling aman di dunia—meskipun negara ini menduduki peringkat salah satu pengekspor senjata tertinggi per kapita. Swiss jelas cukup aman di berbagai aspek lain sehingga bisa menduduki peringkat IEP.

  1. Jepang (Skor: 1.336)

Jepang adalah negara paling aman yang menduduki peringkat kesembilan IEP dan menempati peringkat kedua (setelah Finlandia) dalam peringkat keselamatan dan keamanan.

  1. Slovenia (Skor: 1.334)

Slovenia masuk ke dalam sepuluh besar pertama kali pada tahun 2020 dan berhasil bertahan hingga tahun 2023, berkat tingkat kejahatan dan risiko terorisme yang sangat rendah.

Bagi Anda yang suka tempat-tempat indah secara umum atau ingin menjelajahi beberapa istana dan danau terbaik di Eropa, Slovenia memiliki banyak hal yang ditawarkan, termasuk jaminan keamanan.

  1. Portugal (Skor: 1.333)

Portugal telah membuat kemajuan signifikan dalam hal kedamaian dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2014, negara ini sedang keluar dari krisis keuangan dan menduduki peringkat ke-18 dalam GPI.

  1. Singapura (Skor: 1.332)

Singapura adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara dalam daftar IEP dan menduduki lima besar dalam beberapa kategori seperti keselamatan dan keamanan (peringkat keempat) dan konflik yang sedang berlangsung (peringkat ketiga).

Singapura adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara dalam daftar IEP (Unsplash)
  1. Austria (Skor: 1.316)

Austria tetap menjadi salah satu negara teraman di dunia dan menempati peringkat kelima tahun ini (turun satu peringkat sejak tahun 2022).

  1. Selandia Baru (Skor: 1.313)

Selandia Baru turun dua peringkat dari daftar tahun 2022— dan sekarang berada di peringkat keempat dalam daftar ini, sementara pada tahun 2022 berada di peringkat kedua.

Selandia Baru tetap menjadi negara teraman di kawasan Asia-Pasifik, terutama dalam hal kekerasan, tingkat kriminalitas, dan dampak terorisme. Namun, terjadi penurunan signifikan dalam militerisasi, terutama dalam hal impor dan ekspor senjata.

  1. Irlandia (Skor: 1.312)

Irlandia melonjak lima peringkat sejak tahun lalu, naik dari peringkat kedelapan menjadi salah satu dari tiga negara teraman di dunia.

Pada tahun 2022, Irlandia masuk dalam daftar 10 besar dan berarti bahwa ketiga negara paling aman di dunia tahun ini semuanya berada di Eropa.

  1. Denmark (Skor: 1.31)

Denmark naik satu peringkat sejak 2022 dan menempati posisi kedua dalam Indeks Perdamaian Global 2023. Negara ini dikenal karena pemerintah yang berfungsi dengan baik, tingkat korupsi yang rendah, dan distribusi sumber daya yang adil.

  1. Islandia (Skor: 1.124)

Islandia adalah negara paling damai di dunia selama 16 tahun berturut-turut dan menempati posisi ini sejak pembentukan indeks ini pada tahun 2008. Negara Nordik ini memiliki tingkat pengeluaran militer dan tingkat konflik internasional terendah di dunia.

Selain negara paling aman untuk dikunjungi, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi