Konflik Makin Meluas, Israel Balas Serang Hizbullah di Lebanon Selatan

| 17 Oct 2023 13:15
Konflik Makin Meluas, Israel Balas Serang Hizbullah di Lebanon Selatan
Israel serang lebanon (Dok: Antara)

ERA.id - Militer Israel mengaku sudah meluncurkan serangan balasan yang menyasar Hizbullah di Lebanon selatan pada Selasa pagi waktu setempat.

Penyataan dari militer Israel menyebutkan pihaknya telah menyerang sasaran militer milik Hizbullah di wilayah Lebanon tanpa penjelasan lebih lanjut.

Laporan awal tertulis bahwa sebuah situs di dekat desa Aitaroun di Lebanon selatan diserang Israel, menurut surat kabar Jerusalem Post via Antara, Selasa (17/10/2023)

Sebelumnya pada Senin, Hizbullah mengeklaim telah menembaki lima posisi Israel di perbatasan dengan Lebanon.

Ketegangan di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon berkecamuk di tengah baku tembak antara pasukan Israel dan kelompok Hizbullah.

Eskalasi itu terjadi di tengah agresi Israel di Jalur Gaza menyusul serangan antar perbatasan oleh kelompok Palestina Hamas ke kota perbatasan Israel.

Total sebanyak 2.808 warga Palestina dan lebih dari 1.400 warga Israel tewas akibat konflik tersebut.

Hizbullah kerap terlibat perang dengan Israel, terakhir pada 2006 saat pihaknya meluncurkan serangan di kota-kota besar Israel dan menyebabkan kerusakan yang signifikan.

Sebanyak 1.000 lebih warga Lebanon tewas dalam konflik tersebut. Sementara itu, sebagian besar Lebanon selatan, yang merupakan markas Hizbullah, hancur akibat gempuran Israel.

Rekomendasi