Moment Pengunjuk Rasa Kepung Kedatangan Pesawat dari Israel di Rusia, Teriak Allahu Akbar Berujung Ditangkap

| 30 Oct 2023 14:20
Moment Pengunjuk Rasa Kepung Kedatangan Pesawat dari Israel di Rusia, Teriak Allahu Akbar Berujung Ditangkap
Bandara Rusia diserbu pro-Palestina (Dok: Istimewa)

ERA.id - Pihak berwenang Rusia memutuskan untuk menutup bandara Uytash di kota Makhachkala di wilayah Dagestan yang mayoritas penduduknya Muslim. Penutupan ini menyusul penyerbuan sejumlah warga atas kedatangan pesawat Israel, Minggu (29/102/2023) waktu setempat.

Dalam video yang beredar luas, sejumlah pengunjuk rasa mengepung bandara Uytash di Makhachkala, yang sebagian besar pria muda dengan mengibarkan bendera Palestina. Para pengunjuk rasa itu mendobrak pintu kaca dan berlari melewati bandara sambil berteriak 'Allahu Akbar'.

Sejumlah pengunjuk rasa juga terlihat mencoba menggulingkan truk patroli yang beroperasi di sekitar bandara. Dalam aksi tersebut, 20 orang dilaporkan terluka sebelum pihak keamanan meredam kerusuhan. Otoritas keamanan setempat juga menangkap 60 orang setelah ratusan pengunjuk rasa anti-Israel menyerbu bandara tersebut.

"Para penumpang di pesawat selamat," kata otoritas setempat, dikutip Reuters, Senin (30/10/2023).

Kerusuhan itu menyusul sejumlah insiden anti-Israel dalam beberapa hari terakhir di wilayah Kaukasus Utara Rusia sebagai tanggapan atas konflik Israel dan Hamas di Gaza.

Pemerintah setempat di Dagestan sebelumnya mengatakan bahwa mereka akan memperkuat langkah-langkah keamanan di seluruh wilayah, yang merupakan rumah bagi sekitar 3 juta orang.

Otoritas penerbangan Rusia pun memutuskan untuk menutup bandara sampai pemeriksaan selesai dilakukan. Kementerian Dalam Negeri, dalam pernyataannya, mengatakan identitas 150 pengunjuk rasa paling aktif telah diidentifikasi. Dikatakan pihak berwenang sedang mencari untuk melacak semua orang yang terlibat.

“Saat ini, bandara sepenuhnya berada di bawah kendali lembaga penegak hukum,” kata kementerian tersebut.

Sergei Melikov, kepala Dagestan, mengatakan insiden tersebut merupakan pelanggaran berat terhadap hukum, bahkan ketika warga Dagestan “berempati terhadap penderitaan para korban tindakan orang-orang dan politisi yang tidak benar, dan berdoa untuk perdamaian di Palestina”.

“Tidak ada keberanian untuk menunggu sebagai gerombolan orang-orang tak bersenjata yang tidak melakukan apa pun yang dilarang,” kata Melikov melalui aplikasi pesan Telegram.

Para pemimpin regional di dua wilayah lain di Kaukasus utara menyerukan ketenangan. Permohonan serupa juga dikeluarkan oleh kepala ulama atau mufti di Dagestan. Israel mendesak pihak berwenang Rusia untuk melindungi warga Israel dan Yahudi di yurisdiksi mereka.

Dalam beberapa hari terakhir, sebuah pusat Yahudi yang sedang dibangun di Nalchik, ibu kota Republik Kabardino-Balkaria di Rusia, dibakar.

Rusia, yang menginginkan gencatan senjata segera di Gaza dan mendukung solusi dua negara, telah berusaha mempertahankan kontak dengan semua pihak dalam konflik Israel-Hamas. Pihak berwenang Israel marah lantaran Rusia mengundang delegasi Hamas ke Moskow dan berujung pada pemanggilan duta besar Rusia di Israel.  

Otoritas penerbangan Rusia Rosaviatsia mengatakan pada hari Minggu bahwa semua “warga negara yang tidak sah” telah dikeluarkan dari bandara Makhachkala pada pukul 22:20 waktu Moskow.

Rekomendasi