Pangeran Arab Saudi Meninggal di Usia 62 Tahun akibat Kecelakaan Pesawat Tempur

| 09 Dec 2023 10:00
Pangeran Arab Saudi Meninggal di Usia 62 Tahun akibat Kecelakaan Pesawat Tempur
Bendera Arab Saudi (RT)

ERA.id - Pangeran Talal bin Abdulaziz bin Bandar bin Abdulaziz Al Saud meninggal dunia pada usia 62 tahun. Dilansir RT, Pangeran Arab Saudi meninggal pada Kamis (7/12/2023) akibat kecelakaan jet tempur saat latihan.

Pangeran Arab Saudi, Talal bin Abdulaziz

Pangeran Talal bukan hanya seorang pangeran. Dahulu dia adalah sosok penting dunia intelijen Arab Saudi. Talal pernah menjadi asisten kepala intelijen badan intelijen Arab Saudi, GIP, yaitu sejak 2004 hingga 2012.

Pangeran Talal adalah putra dari Pangeran Bandar sekaligus cucu dari Raja Pertama Arab Saudi, Raja Abdulaziz. Untuk diketahui, Pangeran Bandar adalah anak dari Raja Abduaziz dengan selirnya dari Ethiophia, Khiziran.

Pangeran Talal bin Abdulaziz lahir pada 1961. Dia adalah letnan kolonel di angkatan udara Kerajaan Saudi.

Bendera Arab Saudi (pexels)

Kabar Meninggalnya Pangeran Arab Saudi

Pihak Kerajaan Arab Saudi sebenarnya tidak mengungkapkan alasan kematian Pangeran Talal. Namun, menurut media Lebanon, Al Mashhad, Pangetan Talal meninggal saat mencoba jet tempur F-15.

Pesawat tempur itu mengalami kecelakaan saat melakukan latihan dengan angkatan udara Arab Saudi pada Kamis pagi.

Informasi meninggalnya Pangeran Talal juga disampaikan oleh Pengadilan Kerajaan Saudi pada Kamis dan diumumkan oleh kantor berita Saudi Press Agency (SPA).

"Pangeran Talal bin Abdulaziz bin Bandar Al Saud telah meninggal dunia," bunyi laporan SPA, Kamis (7/12).

Pengadilan Kerajaan Saudi juga mengumumkan bahwa salat jenazah untuk Pangeran Talal akan dilaksanakan pada Jumat (8/12/2023) di Masjid Imam Turki bin Abdullah di Riyadh.

Sementara, menurut laporan Saudi Gazette, pesawat tempur F-15SA yang dimiliki oleh angkatan udara Kerajaan Arab Saudi jatuh. Insiden itu menewaskan dua awak di dalamnya. Kecelakaan terjadi saat misi pelatihan di Dhahran, Provinsi Timur.

Menurut juru bicara Kementerian Pertahanan, Brigadir Jenderal Turki Al-Maliki, kecelakaan pesawat terjadi pada pukul 12.50 siang (waktu setempat) saat melakukan misi pelatihan rutin di Pangkalan Udara King Abdulaziz di Dhahran.

Al-Maliki menjelaskan, komite investigasi sudah mulai melakukan penyelidikan terhadap penyebab kecelakaan maut itu. Namun, tak ada informasi lebih jauh terkait dua awak pesawat nahas itu.

Itulah beberapa informasi mengenai Pangeran Arab Saudi meninggal dunia. Untuk mendaptkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi