CEO Boeing Akui Kesalahan Atas Kecelakaan Alaska Airlines, Pastikan Kejadian Serupa Tak Terulang

| 11 Jan 2024 08:30
CEO Boeing Akui Kesalahan Atas Kecelakaan Alaska Airlines, Pastikan Kejadian Serupa Tak Terulang
Alaska Airlines (Dok: Istimewa)

ERA.id - CEO Boeing Dave Calhoun mengakui kesalahan yang dilakukan pembuat pesawat AS tersebut ketika lebih dari 170 jet masih dilarang terbang pada hari keempat. Dia juga mengatakan kepada staf bahwa perusahaannya akan memastikan kecelakaan seperti ledakan panel Alaska Airlines di udara "tidak akan pernah terjadi lagi".

Pejabat tinggi pembuat pesawat perusahaan tersebut, Stan Deal, juga mengatakan pada pertemuan balai kota yang suram di pabrik 737 Renton, Washington bahwa Boeing mengakui "seriusnya kecelakaan tersebut" ketika pihaknya meluncurkan pemeriksaan terhadap kontrol kualitas dan prosesnya.

Pernyataan Calhoun adalah pengakuan publik pertama Boeing atas kesalahannya sejak penutup pintu memutuskan badan pesawat 737 MAX 9 yang hampir penuh pada hari Jumat (5/1/2024), meninggalkan lubang menganga di sebelah kursi yang secara ajaib kosong.

Calhoun mengatakan dia "sangat terguncang" oleh kecelakaan itu, yang menghidupkan kembali tekanan pada Boeing atas keluarga pesawat kecilnya yang bermasalah hampir lima tahun setelah krisis keselamatan MAX yang dipicu oleh kecelakaan mematikan di Indonesia dan Ethiopia.

“Pertama, kami akan melakukan pendekatan ini dengan mengakui kesalahan kami,” kata Calhoun, dikutip Reuters, Kamis (12/2/2024).

“Kami akan melakukan pendekatan dengan 100 persen dan melakukan transparansi penuh di setiap langkahnya," imbuhnya.

Alaska Airlines dan United Airlines, dua maskapai penerbangan AS yang menggunakan pesawat yang dilarang terbang untuk sementara waktu, telah menemukan bagian-bagian yang lepas pada pesawat serupa, sehingga menimbulkan kekhawatiran kejadian serupa dapat terulang kembali.

Dalam pertemuan terpisah pada hari Selasa, Boeing mengatakan kepada staf bahwa temuan tersebut diperlakukan sebagai “masalah kendali mutu” dan pemeriksaan sedang dilakukan di Boeing dan pemasok badan pesawat Spirit Aerosystems, kata sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Boeing telah mengirimkan perintah tertulis ke pabriknya sendiri dan pemasoknya untuk memastikan masalah tersebut diatasi dan untuk melakukan pemeriksaan sistem dan proses yang lebih luas.

Saham Boeing turun 1,4 persen pada hari Selasa karena United membatalkan 225 penerbangan harian, atau 8 persen dari total penerbangannya. Sementara Alaska Airlines membatalkan 109 penerbangan, atau 18 persen. Pembatalan serupa diperkirakan terjadi pada hari Rabu.

Calhoun juga mengatakan kepada karyawan Boeing bahwa perusahaan akan "memastikan setiap pesawat berikutnya yang terbang ke angkasa benar-benar aman."

Ia memuji awak Alaska Airlines yang sigap mendaratkan pesawat, hanya mengalami luka ringan pada 171 penumpang dan enam awak.

Calhoun, yang merupakan anggota dewan Boeing ketika semua jet MAX dilarang terbang pada tahun 2019, juga memuji Alaska Airlines karena dengan cepat menghentikan penerbangan jet 737 MAX 9 miliknya, dan menambahkan bahwa ia tahu “betapa sulitnya menghentikan penerbangan pesawat, apalagi armadanya,” sumber tersebut dikatakan.

Beberapa pemimpin industri secara pribadi mengkritik Boeing karena tidak menghentikan penerbangan lebih cepat pada hari Sabtu. Orang-orang yang mengetahui masalah ini mengatakan pihaknya telah menyusun rencana untuk memerintahkan inspeksi ketika Federal Aviation Administration (FAA) melakukan intervensi dengan perintah darurat untuk melarang terbang 171 pesawat.

Boeing menyuarakan dukungan atas tindakan FAA, dan nada penyesalan perusahaan pada hari Selasa kontras dengan pernyataan yang dikritik sebagai legalistis setelah jatuhnya Lion Air 737 MAX pada tahun 2018 di Indonesia.

Boeing menolak mengomentari pernyataan Calhoun di luar kutipan resmi.

Panel yang meledak di Alaska Air Flight 1282 menggantikan pintu keluar opsional pada pesawat 737 MAX 9 yang digunakan oleh maskapai penerbangan yang memiliki konfigurasi tempat duduk lebih padat.

Boeing telah memeriksa catatan layanan pesawat Boeing 737-900ER sebelumnya yang memiliki penutup pintu serupa, namun semuanya telah menjalani perawatan ekstensif sejak dikirimkan dan tidak ada yang menunjukkan tanda-tanda masalah serupa, kata sumber tersebut.

Maskapai penerbangan belum memulai inspeksi resmi terhadap pesawat mereka yang dilarang terbang.

FAA mengatakan pada hari Selasa bahwa Boeing sedang merevisi instruksi untuk inspeksi dan pemeliharaan, yang masih harus disetujui oleh regulator sebelum pemeriksaan dapat dimulai.

FAA mengatakan pihaknya "akan melakukan peninjauan menyeluruh" dan keselamatan publik akan menentukan batas waktu untuk mengembalikan MAX ke layanan.

Boeing mengakhiri tahun 2023 dengan menduduki posisi kedua di belakang pesaingnya Airbus dalam pengiriman pesawat selama lima tahun berturut-turut, setelah sekitar 50 persen pangsa pasarnya terkikis oleh krisis sebelumnya, kata sumber.

Masalah terbaru ini dapat mendorong FAA untuk mengambil tindakan lebih keras dalam mensertifikasi desain untuk model lain, termasuk perubahan yang diperlukan pada MAX 7 yang lebih kecil.

Boeing telah mencari pengecualian untuk mengizinkan sertifikasi sebelum perubahan desain yang menurut para analis sangat kecil kemungkinannya terjadi saat ini.

Dua sumber senior industri mengatakan mereka memperkirakan pesawat yang ditunggu oleh Southwest Airlines akan menghadapi penundaan enam bulan lagi.

Ketua FAA Mike Whitaker, yang menjabat pada bulan Oktober, akan memberikan kesaksian di depan Kongres bulan depan dan mungkin menghadapi pertanyaan tentang persetujuan pesawat 737 MAX. Sidang sedang berlangsung sebelum insiden di penerbangan Alaska Airlines.

Rekomendasi