Imbas Panel Pintu Copot, Tiga Penumpang Alaska Airlines Ajukan Gugatan Rp1 Triliun

| 06 Mar 2024 11:30
Imbas Panel Pintu Copot, Tiga Penumpang Alaska Airlines Ajukan Gugatan Rp1 Triliun
Penumpang Alaska Airlines gugat perusahaan (Dok: NTSB)

ERA.id - Tiga penumpang pesawat Alaska Airlines yang melakukan pendaratan darurat setelah penutup pintu meledak di tengah penerbangan, menggugat maskapai tersebut dan Boeing sebesar 1 miliar USD (Rp15 triliun). Ketiga penumpang menggugat perusahaan atas tuduhan kelalaian.

Pengaduan diajukan pada 20 Februari di Multnomah County, Oregon, atas nama Kyle Rinker, Amanda Strickland dan Kevin Kwok. Ketiganya tercatat sebagai penumpang pesawat Alaska Airlines 1282 ketika pintu keluar yang tidak digunakan terlepas dari pesawat beberapa menit setelah perjalanan terjadwal dari Portland ke Ontario, California, pada awal Januari. 

Gugatan tersebut meminta ganti rugi dan hukuman, yang akan ditentukan di persidangan, dari Boeing, perusahaan raksasa yang memproduksi jet 737 Max 9 yang diterbangkan oleh Alaska Airlines.

“Sebagai akibat langsung dari kegagalan pesawat Boeing yang mengerikan dan mengancam kematian, Tuan Kwok, Tuan Rinker, dan Nona Strickland menderita cedera mental, emosional, dan psikologis yang parah, termasuk stres pasca-trauma, dan cedera fisik," demikian isi gugatan tersebut, dikutip CBS News, Rabu (6/3/2024).

Selain itu, gugatan tersebut menyatakan, mencatat bagaimana perubahan tekanan tiba-tiba di dalam kabin "menyebabkan telinga beberapa penumpang berdarah."

Jonathan W. Johnson, LLC, sebuah firma hukum penerbangan yang berbasis di Atlanta yang mengajukan pengaduan atas nama Kwok, Rinker dan Strickland, mengatakan bahwa mereka berharap "untuk meminta pertanggungjawaban Boeing atas kelalaiannya yang telah menyebabkan kepanikan dan ketakutan yang ekstrim dan stres pasca-trauma."

Mereka menyebut ledakan pada penerbangan 1282 sebagai "insiden yang dapat dicegah" yang tidak hanya mengancam nyawa penumpang dan awak pesawat tersebut, namun juga pesawat lain yang diproduksi oleh Boeing yang ditemukan dalam penyelidikan selanjutnya memiliki cacat serupa.

Gugatan tersebut menyatakan bahwa insiden pada penerbangan 1282 adalah “hanya satu babak buruk dalam kisah berkembangnya Boeing dan Alaska Airlines yang menempatkan keuntungan di atas keselamatan.”

Alaska Airlines Penerbangan 1282 lepas landas dari Bandara Internasional Portland sebelum jam 5 sore pada 5 Januari, menurut situs pelacakan penerbangan FlightAware, dan kembali dengan selamat ke tempat asal yang sama sebagai bagian dari pendaratan darurat sekitar 40 menit kemudian.

Pesawat itu berada sekitar enam menit dalam rencana perjalanannya ke California, dan terbang pada ketinggian 16.000 kaki, ketika salah satu pintu keluarnya terlepas.

Dari video yang beredar di media sosial saat itu menunjukkan lubang menganga di bagian samping pesawat yang saat itu membawa 174 penumpang dan enam awak.

Meski pesawat mendarat dengan selamat kembali di Portland, beberapa penumpang mengalami luka ringan dan kehilangan ponsel serta barang-barang pribadi lainnya yang tersedot keluar dari lubang pesawat.

Seorang penumpang, seorang remaja yang awalnya duduk bersama ibunya di barisan di samping panel pintu yang terkena dampak, bajunya robek karena kekuatan angin yang bertiup.

Hasil awal penyelidikan Dewan Transportasi dan Keselamatan Nasional atas insiden tersebut menemukan bahwa empat baut kunci yang dimaksudkan untuk menahan penutup pintu pada tempatnya hilang dari pesawat. Badan tersebut mengatakan dalam sebuah laporan yang dirilis pada awal Februari bahwa "empat baut yang mencegah pergerakan ke atas dari busi MED hilang sebelum busi MED dipindahkan ke atas dari bantalan penghenti."

Setelah insiden tersebut, Alaska Airlines dan United Airlines membatalkan penerbangan dengan pesawat Boeing 737 Max 9 saat inspeksi sedang berlangsung. Kedua maskapai penerbangan mengatakan mereka menemukan perangkat keras yang longgar pada pesawat model tersebut yang dilarang terbang.

Administrasi Penerbangan Federal pada akhirnya memerintahkan penghentian sementara seluruh jet Boeing 737 Max 9 secara global untuk "pemeriksaan segera", dan sedang melakukan penyelidikan berkelanjutan terhadap pesawat tersebut untuk mencari tahu apa yang salah pada penerbangan 1282, dan apakah Boeing "gagal memastikan" bahwa pesawatnya "berada dalam kondisi pengoperasian yang aman sesuai dengan peraturan FAA."

“Insiden ini seharusnya tidak pernah terjadi dan tidak boleh terjadi lagi,” kata agensi tersebut dalam sebuah pernyataan pada bulan Januari.

"FAA terus mendukung penyelidikan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional terhadap insiden sumbatan pintu pada 5 Januari," sambungnya.

Boeing menghadapi gugatan class action lain yang diajukan oleh para penumpang penerbangan Alaska Airlines, yang menuduh bahwa insiden 5 Januari "melukai secara fisik beberapa penumpang dan membuat trauma emosional sebagian besar, jika tidak semua penumpang."

Alaska Airlines belum disebutkan sebagai tergugat dalam gugatan itu.

Di sisi lain, Boeing dan Alaska Airlines mengatakan pihaknya tidak dapat mengomentari tuntutan tersebut.

"Kami tidak dapat berkomentar mengenai ligasi yang tertunda atau penyelidikan NTSB yang sedang berlangsung," kata maskapai itu.

Sementara Boeing mengatakan, "Kami tidak memiliki apa pun untuk ditambahkan,". 

Rekomendasi