Mantan PM Selandia Baru Jacinda Ardern Akhirnya Menikah Usai Batal karena Pandemi

| 14 Jan 2024 11:32
Mantan PM Selandia Baru Jacinda Ardern Akhirnya Menikah Usai Batal karena Pandemi
Jacinda Ardern dan kekasihnya Clarke Gayford. (Instagram @jacindaardern)

ERA.id - Mantan Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern menikahi pasangan lamanya Clarke Gayford dalam sebuah upacara pribadi pada hari Sabtu (13/1/2024), akhirnya menikah setelah membatalkan upacara selama kontrol ketat COVID-19 yang dia terapkan di negara tersebut.

Ardern (43) dan Gayford (47) bertunangan pada Mei 2019 dan seharusnya menikah pada awal tahun 2022, tetapi upacara tersebut dibatalkan karena Ardern fokus bekerja menangani pandemi Covid-19 di negaranya.

Ia menjadi ikon global bagi politikus sayap kiri dan perempuan dalam kepemimpinan sebagai perdana menteri dari tahun 2017 hingga Januari tahun lalu. 

Pernikahan tersebut dilangsungkan di Hawke's Bay di Craggy Range Winery di pantai timur Pulau Utara Selandia Baru, sekitar 310 km sebelah utara ibu kota Wellington, kata juru bicara Ardern melalui email dikutip dari CNA.

Hawke’s Bay adalah rumah bagi sejumlah kilang anggur yang terkenal secara internasional dan merupakan kawasan hortikultura yang penting.

Foto resmi memperlihatkan Ardern yang tersenyum mengenakan gaun halter neck berwarna putih, sedangkan Gayford mengenakan setelan jas hitam. Mereka menikah di depan sekitar 50 hingga 75 tamu, situs berita Stuff melaporkan.

Di antara para tamu adalah penerus Ardern sebagai perdana menteri Chris Hipkins, pemimpin oposisi saat ini, kata New Zealand Herald.

Ardern mangakhiri masa jabatannya pada 25 Januari 2023 lalu. Dalam pidato terakhirnya di parlemen, Ardern mengatakan kepada Gayford, seorang presenter televisi Selandia Baru, "mari kita akhirnya menikah". Putri pasangan tersebut, Neve, berusia lima tahun.

Rekomendasi