Seorang Pria Serang Pilot IndiaGo Gegara Kesal Pesawat Ditunda 10 Jam, Masuk Daftar Larangan Terbang

| 16 Jan 2024 12:45
Seorang Pria Serang Pilot IndiaGo Gegara Kesal Pesawat Ditunda 10 Jam, Masuk Daftar Larangan Terbang
Pria serang pilot IndiGo (Dok: Instagram/evgeniableskaia)

ERA.id - Seorang penumpang penerbangan IndiGo ditahan oleh pihak berwenang pada Minggu (14/1/2024) setelah dia menyerang seorang pilot karena penundaan penerbangan di tengah kabut tebal di India Utara.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat seorang pria berhoodie kuning menyerbu ke arah pilot yang memegang mic di tangannya.

Pria tersebut kemudian terlibat cekcok dengan pramugari dan pilot sebelum dia dibawa ke belakang oleh sesama penumpang.

“Seorang pelanggan menyerang petugas pertama kami saat pengumuman penundaan penerbangan 6E 2175,” kata maskapai itu di X, dikutip CNA, Selasa (16/1/2024).

Menurut laporan, penerbangan itu dari Delhi menuju ke Goa.

Pelanggan tersebut "dinyatakan bersalah dan diserahkan kepada lembaga penegak hukum", tambah IndiGo dalam postingannya.

Insiden ini juga dirujuk ke komite internal independen untuk "tindakan yang tepat dan memasukkan pelanggan ke dalam 'daftar larangan terbang'", kata maskapai itu pada X.

Pihaknya menegaskan kembali bahwa keselamatan dan keamanan pelanggan dan krunya adalah hal yang sangat penting dan pihaknya menerapkan kebijakan tanpa toleransi terhadap perilaku apa pun yang tidak dapat diterima.

Pria itu ditangkap dan kemudian dibebaskan dengan jaminan, media lokal melaporkan.

Menurut situs pelacak penerbangan FlightStats, penerbangan IndiGo telah tertunda hampir 10 jam. Pesawat itu dijadwalkan berangkat dari Delhi pada pukul 7.40 pagi waktu setempat. Baru akhirnya berangkat setelah pukul 17.30.

“Sebagian besar India dihadapkan pada kabut tebal yang luar biasa, yang berdampak signifikan pada pengoperasian bandara dan maskapai penerbangan,” kata IndiGo pada X pada hari Senin.

Ia menambahkan bahwa pembatalan dan penundaan berdampak pada rotasi sepanjang hari dan menyebabkan dampak lebih lanjut pada operasi.

Lebih dari 100 penerbangan ditunda di New Delhi pada hari Minggu tetapi operasi penerbangan yang terputus-putus telah dilanjutkan kembali pada Senin pagi, dengan para penumpang mengeluhkan penundaan penerbangan yang lama.

Menurut situs penerbangan Flightradar24, setidaknya 168 penerbangan meninggalkan Delhi ditunda dan 56 penerbangan dibatalkan pada Senin pagi.

Menteri Penerbangan Sipil dan Baja India Jyotiraditya Scindia mengeluarkan pernyataan X kepada para wisatawan untuk bersabar "bersama kami selama masa sulit ini".

“Seluruh pemangku kepentingan berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalkan ketidaknyamanan penumpang. Insiden perilaku tidak baik di tengah hal ini tidak dapat diterima, dan akan ditangani dengan tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang ada,” ujarnya.

Kantor cuaca India memperkirakan akan terjadi kabut yang sangat tebal pada hari Selasa, dengan suhu minimum 4 derajat Celsius.

Rekomendasi