Imbas Panel Pintu Alaska Airlines Lepas, FAA Keluarkan Rekomendasi Pemeriksaan Boeing 737-900ER

| 22 Jan 2024 18:20
Imbas Panel Pintu Alaska Airlines Lepas, FAA Keluarkan Rekomendasi Pemeriksaan Boeing 737-900ER
Boeing 737-900ER (Dok: instagram/united)

ERA.id - Administrasi Penerbangan Federal (FAA) AS merekomendasikan maskapai penerbangan yang mengoperasikan jet Boeing 737-900ER untuk memeriksa penutup pintu pesawat. Permintaan atas rekomendasi itu muncul setelah beberapa operator melaporkan masalah yang tidak dijelaskan pada baut saat pemeriksaan.

Rekomendasi tersebut menyusul larangan terbang FAA terhadap 171 pesawat Boeing 737 MAX 9 setelah kabin di udara meledak pada penutup pintu pesawat jet Alaska Airlines MAX 9 yang berusia delapan minggu pada 5 Januari lalu.

Menurut laporan Reuters, 737-900ER bukan bagian dari armada MAX yang lebih baru, tetapi memiliki desain penutup pintu yang sama yang memungkinkan penambahan pintu keluar darurat tambahan ketika operator memilih untuk memasang lebih banyak kursi.

FAA mengeluarkan "Peringatan Keselamatan untuk Operator" yang mengungkapkan bahwa beberapa maskapai penerbangan telah melakukan inspeksi tambahan pada penutup pintu keluar tengah 737-900ER, dan telah mencatat temuan pada baut selama inspeksi pemeliharaan.

Mereka merekomendasikan maskapai penerbangan untuk melakukan bagian penting dari prosedur pemeliharaan rakitan sumbat badan pesawat terkait dengan empat baut yang digunakan untuk mengencangkan sumbat pintu ke badan pesawat "sesegera mungkin".

Seorang juru bicara Boeing mengatakan melalui email bahwa "kami sepenuhnya mendukung FAA dan pelanggan kami dalam tindakan ini".

Alaska Airlines dan United Airlines, satu-satunya dari dua maskapai penerbangan AS yang menggunakan MAX 9, mengatakan bulan ini mereka telah menemukan bagian-bagian yang lepas pada beberapa pesawat MAX 9 yang dilarang terbang selama pemeriksaan awal.

Mereka harus membatalkan ribuan penerbangan bulan ini karena larangan terbang tersebut.

United Airlines mengatakan pada hari Minggu bahwa pihaknya memperpanjang pembatalan penerbangan MAX 9 hingga 26 Januari.

Kedua maskapai mengatakan mereka telah memulai pemeriksaan penutup pintu pada armada 737-900ER mereka.

United, yang memiliki 136 pesawat 737-900ER, memperkirakan pembangunannya akan selesai dalam beberapa hari ke depan tanpa gangguan terhadap pelanggan kami.

Alaska mengatakan inspeksinya dimulai beberapa hari yang lalu dan “sampai saat ini belum ada temuan dan berharap untuk menyelesaikan sisa armada -900ER kami tanpa mengganggu operasi kami.”

Delta Air Lines, yang mengoperasikan 900ER, mengatakan pihaknya telah “memilih untuk mengambil tindakan proaktif untuk memeriksa armada 737-900ER kami” dan tidak mengantisipasi dampak operasional apa pun.

Boeing 737-900ER memiliki lebih dari 11 juta jam operasi dan 3,9 juta siklus penerbangan. FAA mengatakan penutup pintu "tidak menjadi masalah pada model ini" dan sebaliknya, MAX 9 yang mengalami masalah penutup pintu adalah pesawat baru dengan jumlah penerbangan yang sedikit.

Pada hari Rabu, FAA mengatakan inspeksi terhadap kelompok awal 40 jet Boeing 737 MAX 9 telah selesai, sebuah rintangan utama untuk akhirnya menghentikan produksi model tersebut. FAA terus meninjau data dari inspeksi tersebut.

Dikatakan pada hari Minggu bahwa MAX 9 akan “tetap dikandangkan sampai FAA yakin bahwa pesawat tersebut aman untuk kembali beroperasi.”

Rekomendasi