Imbas Staf Keamanan Mogok Kerja, Bandara di Seluruh Jerman Berhenti Beroperasi

| 31 Jan 2024 14:15
Imbas Staf Keamanan Mogok Kerja,  Bandara di Seluruh Jerman Berhenti Beroperasi
Bandara seluruh Jerman tutup imbas staf keamanan mogok kerja (Dok: instagram/berlin_airport)

ERA.id - Staf keamanan yang tergabung dalam serikat kerja Verdi melakukan aksi pemogokan di bandara-bandara di seluruh Jerman pada hari Kamis (1/2/2024), termasuk bandara terbesar di Frankfurt. Aksi mogok kerja ini menuntut kenaikan upah akibat infasi.

Negara dengan perekonomian terbesar di Eropa ini telah terpukul oleh serangkaian penghentian perjalanan yang mengganggu dan merugikan perjalanan udara dan kereta api karena para pekerja menuntut upah yang lebih tinggi untuk mengatasi dampak inflasi.

Pemogokan satu hari direncanakan di bandara-bandara termasuk Hamburg, Bremen, Hannover, Berlin, Köln, Duesseldorf, Leipzig, Dresden, Erfurt, Frankfurt dan Stuttgart.

Verdi menambahkan pihaknya menargetkan barang dan penumpang. Namun tidak jelas berapa banyak penerbangan yang akan terkena dampaknya.

Serikat pekerja sektor publik Verdi sedang bernegosiasi atas nama 25.000 pekerja di sektor keamanan penerbangan. Mereka menginginkan kenaikan gaji sebesar 2,80 euro (Rp47 ribu) per jam dan upah lembur yang lebih besar selama 12 bulan.

“Tujuan kami adalah mengkompensasi hilangnya daya beli di kalangan karyawan dalam jangka panjang,” kata pemimpin perundingan Verdi, Wolfgang Pieper, dikutip Reuters, Rabu (31/1/2024).

“Pekerjaan staf keamanan penerbangan harus tetap menarik secara finansial sehingga tenaga kerja terampil yang sangat dibutuhkan dapat direkrut dan dipertahankan,” tambahnya.

Verdi mengatakan pengusaha telah menawarkan kenaikan gaji sebesar 4 persen untuk tahun ini dan 3 persen lagi untuk tahun depan, namun hal tersebut "sama sekali tidak memadai".

Pembicaraan akan berlangsung pada 6 dan 7 Februari.

Selain aksi industri di bandara, Verdi merencanakan pemogokan angkutan umum terpisah pada hari Jumat di 15 dari 16 negara bagian Jerman.

Penyelam kereta GDL Jerman keluar selama lima hari minggu lalu karena perselisihan mereka selama berbulan-bulan mengenai gaji dan kondisi kerja.

Sumber di sektor penerbangan sebelumnya telah mengkonfirmasi laporan media Jerman tentang serangan tersebut. Bandara Berlin Brandenburg mengatakan pada hari Selasa (30/1/2024) tidak akan ada keberangkatan bagi penumpang pada hari Kamis karena pemogokan.

Menurut catatan Bandara Brandenburg, sekitar 170 penerbangan dan pendaratan yang membawa hampir 50.000 penumpang telah direncanakan di bandara Berlin Brandenburg pada hari Kamis.

Rekomendasi