Putin Klaim Ilmuan Rusia Siap Ciptakan Vaksin Kanker

| 16 Feb 2024 10:00
Putin Klaim Ilmuan Rusia Siap Ciptakan Vaksin Kanker
Putin klaim Rusia ciptakan vaksin kanker (Dok: instagram/russian_kremlin)

ERA.id - Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa para ilmuwan Rusia hampir menciptakan vaksin untuk kanker yang akan segera tersedia untuk pasien.

Dalam pernyataannya di stasiun televisi lokal, Putin mengatakan bahwa Rusia bersiap menciptakan vaksin kanker yang bisa dipakai oleh para pasien.

"Kita sudah hampir mencapai penciptaan vaksin kanker dan obat imunomodulator generasi baru. Saya berharap teknologi ini akan segera digunakan secara efektif sebagai metode terapi individu,” katanya, berbicara di forum Moskow tentang teknologi masa depan, dikutip Reuters, Jumat (16/2/2024).

Putin tidak merinci jenis kanker apa yang akan ditargetkan oleh vaksin yang diusulkan tersebut. Dia juga tidak merinci bagaimana cara kerja vaksin kanker yang diklaimnya tersebut.

Sejumlah negara dan perusahaan sedang mengerjakan vaksin kanker.

Tahun lalu pemerintah Inggris menandatangani perjanjian dengan BioNTech yang berbasis di Jerman untuk meluncurkan uji klinis yang menyediakan “pengobatan kanker yang dipersonalisasi”, yang bertujuan untuk menjangkau 10.000 pasien pada tahun 2030.

Perusahaan farmasi Moderna dan Merck & Co sedang mengembangkan vaksin kanker eksperimental yang menurut studi tahap pertengahan mampu mengurangi kemungkinan kekambuhan atau kematian akibat melanoma, kanker kulit paling mematikan hingga setengahnya setelah tiga tahun pengobatan.

Saat ini terdapat enam vaksin berlisensi untuk melawan human papillomavirus (HPV) yang menyebabkan banyak jenis kanker, termasuk kanker serviks, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, serta vaksin melawan hepatitis B (HBV), yang dapat menyebabkan kanker hati.

Selama pandemi virus corona, Rusia mengembangkan vaksin Sputnik V sendiri untuk melawan COVID-19 dan menjualnya ke sejumlah negara, meskipun di dalam negeri Rusia menghadapi keengganan masyarakat yang luas untuk mendapatkan vaksinasi.

Putin sendiri mengatakan dia telah menggunakan Sputnik, dalam upaya untuk meyakinkan masyarakat akan kemanjuran dan keamanannya.

Rekomendasi