Denmark Hibahkan Senjata Artileri untuk Ukraina, Desak Negara Eropa Ikut Turun Tangan

| 20 Feb 2024 09:20
Denmark Hibahkan Senjata Artileri untuk Ukraina, Desak Negara Eropa Ikut Turun Tangan
Denmark hibahkan senjata ke Ukraina (Dok: Antara/Anadolu)

ERA.id - Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen berjanji akan menghibahkan seluruh cadangan persenjataan artilerinya untuk Ukraina. Hibah senjata itu guna membantu Ukraina yang saat ini sedang berkonflik dengan Rusia.

Dalam Konferensi Keamanan Munich yang berlangsung pada 16-18 Februari di Jerman, Frederiksen juga menegaskan pentingnya persatuan antara negara-negara Eropa dalam mendukung Ukraina.

Dukungan dapat ditunjukkan dengan menghibahkan persenjataan, amunisi, dan sistem pertahanan udara yang amat dibutuhkan negara Eropa Timur.

"Dari pihak Denmark, kami memutuskan mendonasikan seluruh cadangan artileri," kata PM Denmark, dikutip Antara, Senin (19/2/2024).

Frederiksen mengkritik pemimpin negara-negara Eropa yang menurutnya memanfaatkan alasan masalah produksi persenjataan sehingga urung mengirimkan persenjataan untuk pihak Ukraina.

"Ini bukan hanya persoalan terkait produksi, karena saat ini kita punya senjata, amunisi, maupun pertahanan udara yang kita tidak gunakan di saat justru seharusnya dikirimkan ke Ukraina," ujarnya.

Selain itu, ia juga mendorong negara-negara Eropa untuk tidak menunggu Amerika Serikat menyetujui pembiayaan pemasokan senjata untuk militer Ukraina untuk bertindak.

"Tidak peduli apa pun yang akan dilakukan AS nantinya, kita, warga Eropa, harus bisa membela diri. Ini adalah perang yang terjadi di benua Eropa," tegasnya.

Pernyataan itu disampaikan Frederiksen saat Ukraina mengalami kekurangan personel dan amunisi  dalam menghadapi serbuan militer Rusia di garis depan di bagian timur negara itu.

Meski Ukraina terus mendorong supaya persenjataan segera dikirim, menurut Wakil Presiden Komisi Eropa Josep Borrell pada 31 Januari, Uni Eropa hanya akan bisa mengirimkan setengah dari satu juta butir artileri yang dijanjikan pada Maret.

"Sisa dari target pengiriman ke Ukraina selanjutnya akan diselesaikan sebelum akhir tahun," kata Borrell.

Denmark merupakan salah satu pemasok senjata terbesar untuk Angkatan Bersenjata Ukraina. Negara itu juga berjanji mengirim 19 unit pesawat tempur F-16 sebelum akhir tahun dan setelah selesai melatih pilot-pilot Ukraina.

Di sisi lain, Rusia berulang kali mengkritisi negara-negara Barat yang terus memasok senjata ke Ukraina. Rusia menganggap tindakan itu hanya akan memperpanjang konflik.

Rekomendasi