Karya Arsitek Islam Paling Populer di Dunia yang Awet Berabad-Abad

| 15 Mar 2024 20:22
Karya Arsitek Islam Paling Populer di Dunia yang Awet Berabad-Abad
Karya arsitek islam paling populer di dunia (unsplash)

ERA.id - Arsitektur Islam adalah salah satu bentuk seni yang paling menawan dan kaya dalam sejarah peradaban manusia. Banyak karya arsitek Islam paling populer di dunia dan bertahan hingga saat ini, penasaran apa saja?

Artikel ini akan membahas beberapa karya arsitek Islam paling populer di dunia. Dari Masjid Agung Cordoba di Spanyol, hingga Taj Mahal di India, kita akan menjelajahi berbagai bangunan ikonik yang sarat akan makna dan keindahan.

Karya Arsitek Islam Paling Populer di Dunia

Karya-karya arsitektur Islam yang tersebar di berbagai penjuru dunia menjadi bukti nyata kejayaan peradaban Islam di masa lampau, berikut di antaranya:

  1. Masjid Agung Suleiman

Masjid Agung Süleymaniye dibangun pada puncak kejayaan Kerajaan Ottoman oleh Sultan Suleiman (1550-1557). Masjid ini merupakan yang terbesar dan terbilang terindah di antara kompleks masjid kekaisaran di Istanbul.

Masjid ini memiliki interior yang berbentuk ruangan tunggal bersegi empat, diterangi oleh lebih dari 100 jendela besar, dan banyak diantaranya berhiaskan kaca patri.

Hiasan masjid ini juga tergolong sederhana, namun tidak mengurangi keagungan kubah pusat dengan diameter 27.5 meter. Di sekitar masjid terdapat rumah sakit, beberapa sekolah agama, deretan pertokoan, mausoleum, dan pemandian.

Kompleks masjid  ini dirancang oleh arsitek utama Ottoman, Sinan, yang karyanya berperan penting dalam pembentukan gaya arsitektur khas Ottoman.

  1. Masjid Cordoba

Beralih ke Spanyol, Masjid Agung Cordoba didirikan di atas bekas gereja Kristen oleh penguasa Umayyah, Abd al-Rahman I, pada tahun 784-786. Kemudian bangunan ini diperluas beberapa kali pada abad ke-9 dan 10.

Keunikan lain dari masjid ini adalah ruang hipstyle yang terdiri dari sekitar 850 pilar terbuat dari porfiri, jasper, dan marmer yang menopang lengkung tapal kuda bertingkat dua.

  1. Masjid Samarra

Masjid Agung Samarra di Irak, dibangun oleh Khalifah Abbasiyah, Al-Mutawakkil sekitar tahun 850. Kemungkinan masjid ini adalah masjid terbesar di dunia saat itu, dengan luas total hampir 42 hektar.

Masjid Samarradibangun dari bata yang dibakar, dengan interior yang dihiasi kaca berwarna biru. Namun sebagian besar bangunan hancur selama invasi Mongol yang dipimpin oleh Hulagu pada tahun 1258.

Salah satu fitur paling menarik dari Masjid Samarra adalah menara setinggi 52 meter yang masih berdiri kokoh. Menara ini berbentuk kerucut, dengan jalan berkelok menuju puncak.

  1. Kubah Batu Yerusalem

Kubah Batu di Yerusalem adalah monumen Islam tertua yang masih ada dan salah satu yang paling terkenal.

Dibangun pada tahun 691-692 (atau sekitar 55 tahun setelah penaklukan Arab atas Yerusalem) desain dan ornamen bangunan ini berakar pada tradisi arsitektur Bizantium.

Kubah Batu Yerusalem juga menampilkan ciri khas yang nantinya akan dikaitkan dengan gaya arsitektur Islam yang berbeda. Struktur bangunan ini terdiri dari kubah kayu berlapis emas yang berada di atas dasar berbentuk segi delapan.

Di dalam Kubah Batu Yerusalem terdapat dua ruang melingkar mengelilingi bongkahan batu yang terbuka.

Kubah Batu Yerusalem (unsplash)
  1. Taj Mahal

Taj Mahal adalah karya arsitektur Islam paling tersohor di dunia. Taj Mahal dibangun sebagai makam untuk Mumtaz Mahal, istri ketiga Kaisar Mughal Shah Jahan yang memerintah pada tahun 1628 hingga 1658.

Kaisar Shah Jahan diketahui sangat mencintai Mumtaz Mahal, yang meninggal saat melahirkan anak ke-14 mereka.

Perlu diketahui, dibutuhkan lebih dari 20 tahun untuk menyelesaikan kompleks makam yang megah ini.

Taj Mahal terkenal karena ukurannya (puncak kubah mausoleum pusat menjulang 73 meter dari permukaan tanah) dan bentuknya yang anggun. Bangunan ini memadukan elemen desain India, Islam, dan Persia.

Selain karya arsitek islam paling populer di dunia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi