Khasiat Daun Murbei: Ikon Obat Herbal Selama Berabad-Abad

| 28 Jan 2024 06:09
Khasiat Daun Murbei: Ikon Obat Herbal Selama Berabad-Abad
Khasiat daun murbei (unsplash)

ERA.id - Tahukah Anda bahwa daun murbei adalah satu-satunya makanan yang akan dimakan oleh ulat sutera? Namun, dibalik fakta tersebut terdapat khasiat daun murbei yang menjadikannya salah satu ramuan alami yang paling sering digunakan untuk berbagai penyakit.

Manfaat daun murbei sudah banyak diakui selama berabad-abad bahkan sudah menjadi bagian dalam banyak karya sastra. Salah satu alasan daun murbei dipuja oleh banyak orang adalah karena kandungan nutrisi dan kesehatannya.

Orang Korea, Jepang, dan Tiongkok telah menggunakan tanaman ini dalam pengobatan tradisional sebagai tonik untuk berbagai kondisi kesehatan. Melalui artikel ini mari kita telusuri kebaikan yang dimiliki daun murbei tersebut.

Beberapa Khasiat Daun Murbei yang Fantastis

  1. Tinggi Antioksidan dan Mineral

Daun Murbei kaya akan beberapa mineral esensial, termasuk  zat besi, kalsium, dan seng. Selain itu, daun ini mengandung jumlah beta karoten dan asam askorbat yang tinggi.

Perlu diketahui, antioksidan diperlukan dalam tubuh untuk membantu menghilangkan radikal bebas dari sel-sel tubuh. Vitamin C (asam askorbat) dalam daun murbei juga sangat efektif dalam mencegah peradangan, degenerasi otot, kondisi kardiovaskular, dan bahkan kanker.

Selain itu, vitamin c juga merupakan vitamin yang dibutuhkan tubuh terutama saat stres atau mengalami depresi, dan diperlukan untuk perkembangan sel kulit yang sehat.

Di sisi lain, daun murbei mengandung beta karoten yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan mata dan kulit. Vitamin ini umumnya ditemukan dalam sayuran berpigmen seperti bawang dan wortel.

Maka dari itu, dengan konsumsi daun murbei tubuh Anda dapat mendapatkan manfaat dari asupan alami dan kaya mineral, hal ini seperti dijelaskan oleh pakar meditasi Veda, Jo Amor.

Jo menjelaskan bahwa "nutrisi yang tepat melalui sumber alami seperti tanaman dan buah mungkin efektif bersama dengan praktik seperti meditasi, yang memungkinkan kemampuan untuk memungkinkan sistem saraf dikalibrasi ulang, sehingga kita dapat merespons kehidupan dengan lebih jelas dan bahagia."

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun Murbei merupakan sumber asam galat yang kaya, dimana asam ini memainkan peran penting dalam mencegah Diabetes Tipe 2. Tumbuhan ini efektif dalam beberapa jam setelah makan. Kemampuan daun murbei menurunkan kadar gula darah membuatnya menjadi ramuan rumahan yang sangat baik untuk Diabetes Tipe 2.

  1. Efek Antiinflamasi

Menurut peneliti dan ilmuwan, daun murbei membantu menghambat respons tubuh terhadap senyawa yang menyebabkan peradangan. Fakta ini sesuai dengan sebuah studi yang dilakukan pada tikus dengan edema pada kaki pada tahun 2010.

daun murbei membantu menghambat respons tubuh terhadap senyawa yang menyebabkan peradangan (unsplash)

Ketika tikus diberi ekstrak daun murbei, mereka menunjukkan respons positif terhadap pengurangan rasa sakit dan peradangan pada sendi. Berarti meminum segelas teh daun murbei akan berguna untuk mencegah/mengobati arthritis.

Para ahli kinesiologi di Shen Ko Vitality menjelaskan bahwa "terapi menggunakan sumber daya alam seperti mineral dan vitamin seperti yang terdapat dalam daun murbei adalah cara alami yang bagus untuk meredakan nyeri pada arthritis, lutut, punggung, dan bahu."

  1. Melawan Kolesterol Jahat

Ekstrak daun murbei memiliki efek menurunkan  tingkat trigliserida dan kolesterol LDL dalam darah. Studi yang dilakukan pada pasien menunjukkan bahwa meminum segelas teh murbei membantu menurunkan kolesterol jahat.

Selain khasiat daun murbei, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi