Menlu AS Beri Selamat ke Prabowo, Tak Sabar Jajaki Kerja Sama

| 21 Mar 2024 12:17
Menlu AS Beri Selamat ke Prabowo, Tak Sabar Jajaki Kerja Sama
Blinken sampaikan selamat ke Prabowo (X/SecBlinken)

ERA.id - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Blinken menyebut pemerintah AS siap untuk menjalin kerja sama.

“Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya,” kata Blinken, dalam keterangan tertulis Kedubes AS di Jakarta, dikutip Antara, Kamis (21/3/2024).

Selain mengucapkan selamat kepada Prabowo, Blinken juga turut memuji masyarakat Indonesia yang sudah berpartisipasi dalam pesta demokrasi sesuai dengan aturan hukum. Ia juga mengatakan Indonesia dan AS akan bekerjasama untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga kedua negara.

“Kami menantikan untuk bermitra erat dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan pemerintahannya saat dimulainya masa jabatan pada bulan Oktober,” ujarnya.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional yang dimenangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebesar 58,6 persen. Pasangan ini memperoleh sebanyak 96.303.691 suara.

"Memutuskan, menetapkan Keputusan KPU tentang pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2024. Jumlah suara sah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 96.214.691 suara," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

Sementara pasangan calon nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskadar mendapat 40.971.906 suara. Sedangkan pasangan calon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya memperoleh suara 27.041.878. Total suara sah Pilpres 2024 secara nasional mencapai 164.227.475 suara.

Rekomendasi