Bertemu Presiden Xi Jinping, Menhan Prabowo Bahas Penguatan Kemitraan Strategis dengan China

| 02 Apr 2024 02:35
Bertemu Presiden Xi Jinping, Menhan Prabowo Bahas Penguatan Kemitraan Strategis dengan China
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) dan Presiden China Xi Jinping (kanan) (ANTARA/HO-Biro Humas Setjen Kemhan RI.)

ERA.id - Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden China Xi Jinping, di the Great Hall of the People in Beijing, China, Senin (1/4). Dalam pertemuan itu, Prabowo menyampaikan salam hangat dari Presiden RI Joko Widodo dan apresiasinya atas sambutan yang hangat.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi atas sambutan yang hangat kepada saya dan delegasi. Izinkan saya juga meneruskan salam hangat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo," kata Prabowo seperti dikutip dari siaran pers Biro Humas Setjen Kemenhan.

Dalam pertemuan bilateral ini, Prabowo juga berharap dapat terus mengimplementasikan secara progresif terkait rencana aksi penguatan kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia dan China.

"Terkait kerja sama pertahanan, saya memandang China adalah salah satu mitra kunci dalam memastikan perdamaian dan stabilitas kawasan," ujar Prabowo.

"Saya juga berkomitmen memenuhi kebutuhan alutsista Indonesia, termasuk peningkatan kerja sama industri pertahanan dan dialog produktif, serta kerja sama antar matra," sambungnya.

Sementara itu, Presiden Xi Jinping menyatakan komitmen China untuk meningkatkan kerja sama strategis komprehensif dengan Indonesia. Hal ini menunjukkan keinginan China untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia dalam berbagai bidang, termasuk pertahanan, ekonomi, dan keamanan.

Presiden Xi Jinping juga menegaskan bahwa China siap untuk memberikan kontribusi positif dalam menjaga perdamaian dan stabilitas regional serta global. Dia menekankan pentingnya kerja sama antara China dan Indonesia dalam menjaga keamanan maritim di wilayah Asia Tenggara.

Tidak hanya itu, China juga menyatakan kesiapannya untuk memperdalam kerja sama maritim dengan Indonesia, sebagai langkah untuk memperkuat hubungan kedua negara di bidang kelautan. Selain itu, China juga berkomitmen untuk membantu negara-negara ASEAN dalam upaya pengentasan kemiskinan, menunjukkan peran aktif China dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara.

Melalui pertemuan kedua negara, Prabowo berharap dapat menggali potensi dan peluang kerja sama Indonesia dan China.

Rekomendasi