Moranbong Band, Idol Grup Kebanggaan Kim Jong Un

Tim Editor

Moranbong Band. (Foto: Istimewa)

Jakarta, era.id - Tahun 2012 jadi momen bersejarah bagi Korea Utara. Bukan karena parade militer atau pamer alutsistanya yang kerap digembar-gemborkan, melainkan karena tahun itu girlband pertama di Korea Utara resmi dirilis.

Tak mau kalah dengan tetangganya, Korea Selatan, yang banyak melahirkan grup idol, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pun membentuk Moranbong Band. Bahkan, dia memilih sendiri kandidat dan anggota yang bisa masuk ke grup tersebut.

Kim bahkan menciptakan beberapa lagu yang dibawakan oleh Moranbong Band seperti, "We Think of The Marshall Day and Night", "O My Motherland Full of Hope", dan "Our Father". 

Menariknya, girlband bentukannya ini sangat berbeda dengan grup idol kpop. Dilansir dari CNN, setiap personel bisa memainkan alat musiknya sendiri. Mulai dari Celo, gitar, saxophone, drum, keyboard, biola elektrik, dan juga synthesizer. 


Moranbong Band. (Foto: Istimewa)

Moranbang Band juga memiliki 11 hingga 18 orang personel yang tampil secara bergantian. Girlband ini diketuai oleh Hyon Song-wol, yang juga dipercaya sebagai salah satu perwakilan Korea Utara untuk mempersiapkan Olimpiade di tahun 2018.

Pada saat debut di tanggal 6 Juli 2012, mereka mengemas dirinya dengan cara yang unik. Pakai gaun berpayet dan membawakan lagu tema Disney, seperti Winnie the Pooh dan Snow White. Bahkan mereka membawakan soundtrack dari film Rocky.

Selayaknya girlband yang dibentuk oleh Kim Jong Un, musik dan lirik yang dibawakan juga terkesan memuji dan membanggakan kepemimpinan Kim Jong Un. Jadi enggak heran kalau mereka juga berada di bawah pengawasan ketat pemerintah Korea Utara.

Tetapi faktanya, Moranbang Band ini bukan lah girlband pertama di Korea Utara. Sebelumnya, Ayah Kim Jong Un, Kim Jong Il sudah lebih dulu membentuk sebuah grup musik beraliran tradisional-elektronik dengan nama Pochonbo Electronic Ensemble tahun 1983.
 

Tag: korea utara hahahaha kim jong un kpop

Bagikan: