Ogah Hapus Video Penikaman Uskup di Sydney, PM Australia: Elon Musk Miliarder Arogan

| 23 Apr 2024 13:00
Ogah Hapus Video Penikaman Uskup di Sydney, PM Australia: Elon Musk Miliarder Arogan
Elon Musk ribut dengan PM Australia (X/Musk)

ERA.id - Elon Musk dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese terlibat perselisihan soal video penikaman di gereja Sydney beberapa waktu lalu. Musk menolak untuk menghapus video itu dari X hingga membuat Albanese menyebutnya sebagai miliarder sombong.

Perselisihan antara Elon Musk dan PM Australia itu terjadi ketika CEO Tesla itu diperintahkan untuk menghapus video penikaman seorang uskup di gereja Sydney oleh pengadilan Australia. Musk sebagai pemilik X menolak perintah itu.

Albanese mengatakan bahwa pemerintah Australia siap untuk menghadapi Musk. Dia juga menyebut Musk sebagai miliarder arogan yang menganggap dirinya kebal hukum di atas kesopanan.

"Apa yang dilakukan oleh Komisioner eSafety adalah melakukan tugasnya untuk melindungi kepentingan warga Australia, dan gagasan bahwa seseorang akan mengajukan tuntutan ke pengadilan untuk mendapatkan hak memasang konten kekerasan di suatu platform menunjukkan betapa tidak terjangkaunya Musk," kata Albanese, dikutip ABC, Selasa (23/4/2024).

"Media sosial perlu memiliki tanggung jawab sosial di dalamnya. Tuan Musk tidak menunjukkan apa pun,” imbuhnya.

Seorang hakim Australia pada hari Senin memutuskan bahwa X harus memblokir pengguna di seluruh dunia untuk mengakses video serangan pisau terhadap seorang uskup Kristen Asiria di Sydney setelah pengawas internet negara tersebut meminta perintah pengadilan.

Pengadilan Federal di Sydney sebelumnya mengabulkan larangan global sementara setelah X mengatakan akan menentang pemberitahuan Komisaris eSafety Julie Inman Grant untuk menghapus postingan terkait serangan minggu lalu terhadap Mar Mari Emmanuel.

Albanese sebelumnya mengatakan bahwa merupakan hal yang “luar biasa” bahwa X memutuskan untuk menentang pemberitahuan komisioner eSafety dan menyangkal bahwa masalah tersebut adalah masalah kebebasan berbicara.

Musk, yang membeli platform yang secara resmi dikenal sebagai Twitter pada tahun 2022, pada hari Selasa mengindikasikan bahwa dia akan menentang perintah pengadilan.

“Kekhawatiran kami adalah jika negara mana pun diizinkan menyensor konten untuk SEMUA negara, dan hal ini merupakan tuntutan ‘eSafety Commissar’ Australia, lalu apa yang bisa menghentikan negara mana pun untuk mengendalikan seluruh Internet?” cuit Musk di X.

“Kami telah menyensor konten yang dipermasalahkan di Australia, menunggu banding hukum, dan konten tersebut hanya disimpan di server di AS," tegasnya.

Musk sebelumnya memposting meme yang menggambarkan X sebagai pendukung kebebasan berpendapat dan platform media sosial lainnya yang mendukung sensor dan propaganda. Unggahan itu dia beri judul “Jangan percaya begitu saja, tanyakan saja kepada PM Australia!”

Pemerintah Australia menyalahkan postingan media sosial terkait serangan terhadap Emmanuel karena mengobarkan ketegangan masyarakat di Sydney yang multikultural.

Berdasarkan Undang-Undang Keamanan Online yang disahkan pada tahun 2021, Australia berada di garis depan dalam upaya meminta pertanggungjawaban perusahaan teknologi atas konten yang diposting di platform mereka.

Emmanuel, seorang pemimpin konservatif terkemuka dari Gereja Asyur Christ The Good Shepherd di Wakeley di barat Sydney, menderita luka di kepalanya ketika dia diserang Senin lalu saat kebaktian massal yang disiarkan secara online.

Lebih dari 50 petugas polisi terluka dan 20 mobil polisi rusak dalam kerusuhan yang terjadi di luar gereja.

Emmanuel, yang selamat dari serangan itu, merilis pesan minggu lalu yang mengatakan bahwa dia “baik-baik saja, pulih dengan sangat cepat” dan bahwa dia telah memaafkan penyerangnya.

Polisi pada hari Jumat mendakwa seorang remaja berusia 16 tahun dengan tuduhan pelanggaran terorisme sehubungan dengan penikaman tersebut.

Rekomendasi