Kasus Hukum Bedak Tabur Bayi, Johnson & Johnson Gelontorkan Ratusan Triliun Demi Perdamaian

| 02 May 2024 16:20
Kasus Hukum Bedak Tabur Bayi, Johnson & Johnson Gelontorkan Ratusan Triliun Demi Perdamaian
Bedak tabur Johnson & Johnson (Freepik/13 Nuta)

ERA.id - Johnson & Johnson (J&J) mengupayakan untuk penyelesaian puluhan ribu tuntutan hukum atas kasus bedak tabur bayi yang dinilai bisa menyebabkan kanker ovarium. J&J akan mengeluarkan 6,48 miliar USD (Rp104 triliun) untuk melakukan penyelesaian tersebut.

Kasus-kasus tersebut selama beberapa dekade telah menyebabkan masalah keuangan dan hubungan masyarakat bagi J&J, yang berpendapat bahwa bedak tabur bayi dan produk tabur lainnya yang kini dihentikan produksinya, aman bagi konsumen. Sekitar 99 persen tuntutan hukum terkait bedak tabur yang diajukan terhadap J&J dan anak perusahaannya berasal dari kanker ovarium.

Perusahaan mencatat biaya sekitar 2,7 miliar USD (Rp43 triliun) pada kuartal pertama untuk meningkatkan cadangan klaim bedak tabur menjadi sekitar 11 miliar USD (Rp178 triliun).

Kesepakatan tersebut, menunggu persetujuan dari penggugat, akan memungkinkan J&J untuk menyelesaikan tuntutan hukum melalui pengajuan kebangkrutan ketiga dari anak perusahaannya, LTL Management.

Pengadilan telah menolak dua upaya J&J sebelumnya untuk menyelesaikan tuntutan hukum melalui kebangkrutan anak perusahaan tersebut, yang didirikan untuk menyerap kewajiban bedak perusahaan tersebut.

J&J akan memulai periode pemungutan suara selama tiga bulan bagi penggugat, dengan harapan mencapai ambang batas dukungan 75 persen yang diperlukan untuk penyelesaian kebangkrutan yang akan mengakhiri litigasi sepenuhnya dan mencegah tuntutan hukum di masa depan.

Penggugat tidak memiliki kesempatan untuk memberikan suara dalam kasus kebangkrutan LTL Management sebelumnya. Namun menurut eksekutif J&J, perusahaan mendapat dukungan signifikan dari mayoritas penggugat berdasarkan percakapan dengan pengacara para penggugat.  

“Kami sangat yakin bahwa rencana ini adalah demi kepentingan terbaik penggugat dan harus mendapatkan konfirmasi yang menguntungkan dan segera dari pengadilan kebangkrutan,” kata Erik Haas, wakil presiden litigasi J&J di seluruh dunia, dikutip CNBC News, Kamis (2/5/2024).

Erik mengatakan bahwa penyelesaian itu merupakan pemulihan yang jauh lebih baik bagi penggugat daripada kemungkinan yang terjadi selama di pengadilan.

“Seperti yang ditunjukkan oleh rekam jejak tersebut, sebagian besar penggugat yang membawa barang bukti belum pulih, dan mereka juga tidak diperkirakan akan mendapatkan apa pun di persidangan,” kata Haas.

“Dengan banyaknya kasus penggunaan yang diadili, diperlukan waktu puluhan tahun untuk mengadili kasus-kasus lainnya yang berarti sebagian besar penggugat tidak akan pernah bisa menjalani persidangan," sambungnya.

Namun, litigasi telah menghasilkan beberapa putusan besar bagi penggugat. Hal ini termasuk pemberian hadiah sebesar 2 miliar USD kepada 22 wanita yang menyalahkan asbes dalam produk bedak tabur J&J akibat kanker ovarium mereka.

J&J mengatakan sisa tuntutan hukum yang tertunda terkait dengan kanker langka yang disebut mesothelioma dan akan ditangani di luar rencana penyelesaian yang baru. Raksasa farmasi tersebut mengatakan telah menyelesaikan 95 persen tuntutan hukum mesothelioma yang diajukan hingga saat ini.

J&J mencatat pada hari Rabu bahwa mereka telah mencapai penyelesaian “final dan komprehensif” untuk menyelesaikan penyelidikan yang dilakukan oleh koalisi lebih dari 40 negara bagian terhadap klaim bahwa perusahaan tersebut menyesatkan pasien tentang keamanan bedak bayi dan produk berbahan dasar tabur lainnya.

Perusahaan juga telah mencapai kesepakatan prinsip untuk menyelesaikan klaim yang diajukan oleh pemasok taburnya, yang meliputi Imerys Talc America, Cyprus Mines Corporation dan pihak terkaitnya.

Rekomendasi