Geser Italia, Prancis Raih Rekor Dunia dengan Baguette Terpanjang

| 07 May 2024 08:30
Geser Italia, Prancis Raih Rekor Dunia dengan Baguette Terpanjang
Rekor dunia baguette terpanjang (Dok. Tangkapan layar BBC)

ERA.id - Pembuat roti di Prancis mencetak rekor dunia usai membuat baguette terpanjang. Baguette itu dibuat dengan total panjang mencapai 104,53 meter.

Anthony Arrigault, salah satu pembuat roti, mengatakan mereka senang bisa memecahkan rekor dunia setelah menghabiskan waktu belasan jam. Mereka mengaku mulai menguleni dan membentuk adonan pada pukul 03.00 dini hari sebelum memasukkannya ke dalam oven khusus.

"Semuanya telah divalidasi, kamis emua sangat senang telah memecahkan rekor ini dan ini dilakukan di Prancis," kata Anthony, dikutip BBC, Senin (6/5/2024).

Baguette, sekitar 235 kali lebih panjang dari baguette tradisional, dibuat di Suresnes di pinggiran kota Paris selama acara untuk konfederasi pembuat roti dan koki pastry Perancis.

Rekor ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Italia selama lima tahun. Baguette terpanjang sebelumnya tercatat 132,62 meter, yang dipanggang di kota Como, Italia pada Juni 2019.

Menurut laporan, sebagian baguette yang memiliki tebal minimal 5 cm itu akan dibagikan kepada publik. Sementara sisanya akan diberikan kepada para tunawisma.

Baguette tradisional Perancis harus berukuran panjang sekitar 60 cm, terbuat dari tepung terigu, air, garam dan ragi saja, dan beratnya sekitar 250 gram, sesuai peraturan resmi.

Rekomendasi