Putin Setujui Rancangan Kabinet Baru Rusia, Berikut Daftarnya

| 15 May 2024 17:20
Putin Setujui Rancangan Kabinet Baru Rusia, Berikut Daftarnya
Putin (Kudebes Rusia)

ERA.id - Presiden Vladimir Putin menyetujui kabinet baru pemerintah Rusia untuk menjalankan tugas selama enam tahun kedepan. Berikut ini daftar nama kabinet terbaru pemerintah Rusia yang disetujui oleh Putin. 

Mengutip media Rusia TASS, keputusan ini adalah pemerintahan Rusia pertama yang dibentuk berdasarkan prosedur baru yang diatur dalam amandemen konstitusi tahun 2020. Sebelum dilantik, semua calon dipertimbangkan dan disetujui oleh parlemen. Setelah disetujui oleh salah satu majelis parlemen, para kandidat tidak dapat ditolak oleh presiden.

Selain perdana menteri, pemerintahan baru Rusia terdiri dari sepuluh wakil perdana menteri dan 21 menteri. Jumlah kementeriannya tidak berubah dibandingkan pemerintahan sebelumnya.

Lima menteri, yaitu menteri dalam negeri, luar negeri, pertahanan, darurat, dan kehakiman, berada di bawah langsung presiden, sedangkan sisanya bertanggung jawab kepada perdana menteri.

Putin juga menunjuk kembali direktur layanan federal, juga setelah berkonsultasi di Dewan Federasi, atau majelis tinggi parlemen. Mereka adalah direktur Badan Intelijen Luar Negeri Sergey Naryshkin, direktur Badan Keamanan Federal Alexander Bortnikov.

Kemudian direktur Badan Garda Nasional Viktor Zolotov, direktur Badan Garda Federal Dmitry Kochnev, dan kepala direktorat utama program khusus kepresidenan, Alexander Garis.

Sementara itu, pemerintahan baru ditingkatkan menjadi sekitar 13 persen dalam hal perombakan. Viktoria Abramchenko, yang bertanggung jawab atas masalah lingkungan hidup sebagai wakil perdana menteri, Sergey Shoigu, yang mengepalai kementerian pertahanan.

Nikolai Shulginov, yang mengepalai kementerian energi, dan Oleg Matytsin, yang mengepalai kementerian olahraga, mengosongkan kantor mereka dan pergi dari kabinet

Shoigu, bagaimanapun, ditunjuk sebagai Sekretaris Dewan Keamanan Rusia. 

Beberapa pejabat lagi mengubah posisi pemerintahan mereka. Dengan demikian, Dmitry Patrushev dan Vitaly Savelyev naik dari menteri menjadi wakil perdana menteri.

Andrey Belousov, yang pernah menjadi wakil perdana menteri pertama, diangkat menjadi menteri pertahanan. Denis Manturov mengosongkan jabatan menteri perindustrian dan perdagangan tetapi dipromosikan menjadi wakil perdana menteri pertama. 

Beberapa gubernur mengisi kekosongan di pemerintahan. Misalnya, mantan gubernur Wilayah Kaliningrad Aton Alikhanov diangkat menjadi menteri perindustrian dan perdagangan, Mikhail Degtyarev (Wilayah Khabarovsk) diangkat menjadi menteri olahraga.

Lalu ada Roman Starovoit (Wilayah Kursk) menjadi menteri transportasi, Sergey Tsivilev (Kuzbass) menteri energi. Oksana Lut, yang menjabat wakil menteri pertama pertanian, diangkat menjadi menteri. 

Wakil Perdana Menteri Tatiana Golikova, Alexander Novak, Alexei Overchuk, Marat Khusnullin, dan Dmitry Chernyshenko mempertahankan posisi mereka.

Dmitry Grigorenko dan Yury Trutnev juga akan terus menjabat sebagai wakil perdana menteri dan kepala administrasi pemerintahan serta wakil perdana menteri dan utusan presiden untuk Timur Jauh. 

Sergey Lavrov, Anton Siluanov, dan Maxim Reshetnikov masing-masing mempertahankan posisi mereka sebagai menteri luar negeri, keuangan, dan pembangunan ekonomi. 

Menteri Sumber Daya Alam Alexander Kozlov, Menteri Tenaga Kerja Anton Kotyakov, Menteri Pendidikan Sergey Kravtsov, Menteri Ilmu Pengetahuan Valery Falkov, Menteri Dalam Negeri Vladimir Kolokoltsev.

Posisi Menteri Keadaan Darurat diisi oleh Alexander Kurenkov, Menteri Kehakiman Konstantin Chuichenko, Menteri Kebudayaan Olga Lyubimova, Menteri Kesehatan Mikhail Murashko, Menteri Konstruksi Irek Faiizullin, Menteri Pembangunan Digital Maksut Shadayev, dan Menteri Pembangunan Timur Jauh Alexei Chekunkov diangkat kembali ke jabatan mereka.

"Presiden diperkirakan akan segera bertemu dengan pemerintahan baru," kata sekretaris pers kepresidenan Dmitry Peskov.

Lebih lanjut, Dmitry mengatakan presiden akan berangkat berkunjung ke Tiongkok dalam beberapa hari dan akan didampingi oleh delegasi pemerintah.

Rekomendasi