Staf Dalam Negeri Joe Biden Mengundurkan Diri, Kecewa Genosida Israel dapat Dukungan AS

| 16 May 2024 14:00
Staf Dalam Negeri Joe Biden Mengundurkan Diri, Kecewa Genosida Israel dapat Dukungan AS
Staf Joe Biden mengundurkan diri (instagram/potus)

ERA.id - Seorang pegawai Yahudi Amerika yang ditunjuk oleh Presiden Joe Biden di Departemen Dalam Negeri AS mengundurkan diri pada Rabu (15/5/2024). Keputusannya untuk mundur karena dukungan pemerintah terhadap perang Israel di Gaza.

Lily Greenberg Call, asisten khusus kepala staf di Departemen Dalam Negeri, mengkritik kebijakan Biden di Gaza dalam surat pengunduran dirinya. Call mengatakan dia bergabung dengan pemerintahan Biden demi Amerika yang lebih baik.

Sayangnya, sejak bergabung dengan pemerintah Biden, ia justru dihadapkan dengan dukungan AS kepada Israel yang melukai hati nuraninya.

"Saya tidak dapat lagi dengan hati nurani terus mewakili pemerintahan ini di tengah dukungan Presiden Biden yang terus menerus membawa bencana terhadap genosida Israel di Gaza," kata Call, dikutip Anadolu, Kamis (16/5/2024).

Call menekankan bahwa dia adalah anak dari keluarga Yahudi yang melarikan diri dari anti-Semitisme di Eropa, mengungkapkan kebanggaannya atas posisi yang ditunjuk oleh Biden.

“Namun, saya telah bertanya pada diri sendiri berkali-kali selama delapan bulan terakhir: apa gunanya memiliki kekuasaan jika Anda tidak menggunakannya untuk menghentikan kejahatan terhadap kemanusiaan?” tegasnya.

Call, yang menghabiskan hidupnya di komunitas Yahudi di AS dan Israel, mengkritik hukuman kolektif terhadap warga Palestina melalui pengungsian, kelaparan dan pembersihan etnis sejak serangan lintas batas terhadap Israel pada Oktober lalu oleh kelompok Palestina Hamas.

Dia juga menulis bahwa serangan Israel yang terus berlanjut terhadap warga Palestina gagal meningkatkan keselamatan orang-orang Yahudi di Israel dan Amerika Serikat, dan menekankan bahwa pelanggaran hukum internasional yang dilakukan Israel hanya mungkin terjadi karena “dukungan dan senjata” yang diberikan oleh Amerika.

Dia menegaskan bahwa AS telah lama membiarkan “kejahatan perang Israel dan status quo apartheid dan pendudukan,” menekankan bahwa Biden memiliki kekuatan untuk menyerukan perdamaian abadi.

“Presiden mempunyai kekuasaan untuk menyerukan gencatan senjata yang langgeng, menghentikan pengiriman senjata ke Israel, dan memberikan syarat bantuan. AS hampir tidak menggunakan pengaruh apa pun selama delapan bulan terakhir untuk meminta pertanggungjawaban Israel,” katanya.

Call juga mencatat bahwa banyak rekannya di Departemen Dalam Negeri secara pribadi mendukungnya, dan mengatakan bahwa dia mendesak semua orang untuk membela Palestina.

Awal pekan ini, perwira Angkatan Darat AS Harrison Mann juga mengundurkan diri dari militer dan Badan Intelijen Pertahanan (DIA) karena dukungan “tanpa syarat” AS terhadap perang Israel di Gaza, yang menurutnya memungkinkan terjadinya “pembunuhan dan kelaparan terhadap warga Palestina yang tidak bersalah.”

Mann, yang bertugas di militer selama 13 tahun dan berasal dari keluarga Yahudi Eropa, menyatakan “rasa malu dan bersalah” yang mendalam atas hubungannya dengan peristiwa ini.

Selain itu, Aaron Bushnell, seorang prajurit Angkatan Udara AS berusia 25 tahun, membakar dirinya sendiri di depan Kedutaan Besar Israel di Washington pada 24 Februari, menyatakan bahwa ia “tidak akan lagi berpartisipasi dalam genosida.”

Pejabat Departemen Luar Negeri Josh Paul dan Annelle Sheline juga mengundurkan diri sebagai protes terhadap kebijakan pemerintahan Biden di Gaza.

Rekomendasi