Desak Netanyahu Pikirkan Kondisi Gaza Pascaperang, Menhan AS: Hanya Dua Pilihan Negatif Tersisa

| 16 May 2024 17:10
Desak Netanyahu Pikirkan Kondisi Gaza Pascaperang, Menhan AS: Hanya Dua Pilihan Negatif Tersisa
Yoav Gallant (instagram/yoav.gallant)

ERA.id - Menteri Pertahanan AS Yoav Gallant mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu soal rencana pascaperang di Gaza. Gallant mengatakan kunci dari pascaperang di Gaza adalah pembentukan pemerintahan alternatif di Gaza.

"Kita harus menghilangkan kemampuan Hamas dalam memerintah di Gaza. Kunci dari tujuan ini adalah aksi militer, dan pembentukan pemerintahan alternatif di Gaza,” kata Gallant, dikutip Reuters, Kamis (16/5/2024).

"Dengan tidak adanya alternatif seperti itu, hanya ada dua pilihan negatif yang tersisa: pemerintahan Hamas di Gaza atau pemerintahan militer Israel di Gaza,” tambahnya, seraya mengatakan bahwa ia akan menentang skenario terakhir dan mendesak Netanyahu untuk secara resmi membatalkannya.

Lalu, kata Gallant, sejak Oktober, dia telah mencoba untuk mempromosikan rencana pembentukan pemerintahan alternatif Palestina yang tidak bermusuhan terhadap Hamas, namun tidak mendapat tanggapan dari kabinet Israel.

Format selebarannya, yaitu konferensi pers yang telah diumumkan sebelumnya dan disiarkan langsung oleh TV dan radio Israel, mengingatkan pada peringatan mengejutkan Gallant pada Maret 2023 yang memicu perombakan peradilan yang dilakukan oleh Netanyahu yang mengancam kohesi militer.

Pada saat itu, Netanyahu mengumumkan bahwa Gallant akan dipecat tetapi mundur di tengah banjirnya demonstrasi jalanan. Beberapa analis pertahanan percaya bahwa prediksi Gallant didukung oleh kemampuan Hamas untuk membutakan pasukan Israel beberapa bulan kemudian.

Terkait kemungkinan dirinya dipecat, Gallant mengatakan dirinya enggan menyalahkan siapa pun atas hal tersebut.

"Saya tidak menyalahkan siapa pun. Dalam negara demokratis, saya yakin, sudah sepantasnya seseorang, khususnya Menteri Pertahanan yang memegang jabatan, mempublikasikannya," katanya.

Kritik Gallant di Gaza mengingatkan kita pada sekutu utama Israel, Amerika Serikat, yang berupaya menjadikan perang ini sebagai peran Otoritas Palestina (PA) yang didukung internasional, dan mempunyai pemerintahan terbatas di Tepi Barat yang diduduki.

Namun Netanyahu menolak hal ini, dia menggambarkan PA sebagai entitas yang bermusuhan dan mengulangi pernyataan ini dalam pernyataan video yang ia keluarkan di media sosial satu jam setelah pernyataan Gallant.

"Setiap langkah untuk membentuk pemerintahan alternatif di Gaza mengharuskan Hamas dilenyapkan terlebih dahulu," kata Netanyahu.

Koalisi Netanyahu yang berkuasa mencakup mitra ultra-nasionalis yang menginginkan PA dibubarkan dan pemukiman baru Yahudi di Jalur Gaza. Mitra-mitra tersebut terkadang berselisih dengan Gallant, anggota partai Likud Netanyahu, mengenai kebijakan.

Netanyahu mengatakan Israel akan mempertahankan kendali keamanan keseluruhan atas Gaza setelah perang di masa mendatang. Dia tidak lagi menggambarkan skenario ini sebagai sebuah pendudukan, sebuah status yang Washington tidak ingin munculkan dan telah mengisyaratkan penolakan terhadap Israel yang menetap di wilayah tersebut.

Selama seminggu terakhir, pasukan darat Israel telah kembali ke beberapa wilayah di Gaza utara yang mereka kuasai dan tinggalkan pada paruh pertama perang.

Israel menggambarkan misi baru ini sebagai tindakan keras terencana terhadap upaya kelompok Hamas untuk berkumpul kembali, sementara Palestina melihat bukti kegigihan orang-orang bersenjata tersebut.

Rekomendasi