Turis Korea Selatan Dicekik hingga Tewas, Mayatnya Dimasukkan ke Tong Isi Semen

| 18 May 2024 08:30
Turis Korea Selatan Dicekik hingga Tewas, Mayatnya Dimasukkan ke Tong Isi Semen
Mayat turis Korsel di tong isi semen (Dok. Istimewa)

ERA.id - Seorang turis asal Korea Selatan ditemukan tewas di dalam tong berisi semen di kawasan Pattaya, Thailand. Turis itu dibunuh oleh sesama warga Korea Selatan.

Menurut keterangan Badan Kepolisian Provinsi Gyeongnam, kasus pembunuhan ini terungkap setelah ibu korban mendapat panggilan telepon dari orang tidak dikenal. Ibu korban mengatakan bahwa telepon misterius itu meminta tebusan tiga juta baht (Rp1,3 miliar) sebagai imbalan atas nyawa putranya yang diidentifikasi sebagai Eui Jong Roh.

Pria tersebut dilaporkan memberi tahu ibunya bahwa Roh telah membuang obat-obatan mereka, menyebabkan kerugian finansial bagi mereka, dan memberinya waktu hingga 8 Mei untuk mengirimkan uang kepada mereka.

Bukan hanya itu saja, pelaku juga mengancam bahwa mereka akan memotong-motong tubuh Roh dan menjual organ-organnya di pasar gelap.

Mendapati pemerasan itu, ibu Roh pun melaporkan kejadian itu ke Kedutaan Besar Korea di Thailand. Dalam catatan, Roh memasuki Thailand untuk berlibur pada 30 April dan dilaporkan hilang pada 7 Mei 2024.

Kedutaan Besar Korea di Thailand pun melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian Thailand. Pihak terkait pun bergegas melakukan penyelidikan untuk menemukan Roh dengan menelusuri pergerakannya dan rekan-rekannya pada 7 Mei melalui rekaman CCTV.

Roh terakhir terlihat di sebuah bar di RCA Plaza di distrik Huai Khwang. Setelah meninjau rekaman CCTV pada tanggal 3 Mei, mereka melihat pria yang hilang itu mengenakan kemeja putih dan dikawal oleh dua orang warga Korea lainnya.

Mereka menuju ke mobil sewaan yang mereka tinggalkan untuk model sewaan lain untuk menyembunyikan jejak mereka saat berkendara ke Pattaya. Ketiganya akhirnya mencapai akomodasi mereka di dekat waduk Mabprachan.

Sehari kemudian, sekitar pukul 21.00, truk pick-up tersebut terlihat meninggalkan rumah dengan cover berwarna hitam dan laras hitam di bagian belakang. Menelusuri rekaman CCTV lebih lanjut, polisi menemukan pria di dalam kendaraan tersebut berhenti di sebuah toko untuk membeli tong plastik hitam dan tali.

Berdasarkan pengakuan para pelaku, Roh sempat diberi obat penenang sebelum menuju ke tempat penginapan. Namun saat diperjalanan, Roh terbangun dan melakukan perlawanan.

"Dalam perjalanan menuju Pattaya, korban sadar kembali dan berjuang melawan para penculiknya. Sebagai tanggapan, para tersangka dengan kejam memukulinya, akhirnya mencekiknya sampai mati," menurut pihak berwenang Korea Selatan, dikutip Naver, Jumat (17/5/2024).

Polisi Thailand melacak truk pick-up tersebut beberapa hari kemudian dan mengirim penyelam ke dalam waduk. Dari hasil penyelaman, polisi menemukan tong hitam berisi mayat di dalamnya yang diidentifikasi sebagai Roh.

Sejauh ini dua dari tiga tersangka berhasil ditangkap. Satu orang ditangkap di Phnom Penh, Kamboja pada hari Selasa, sementara yang lainnya ditangkap di provinsi Gyeongnam, Korea Selatan, pada hari Minggu.

Sementara satu pelaku lainnya, yang diidentifikasi sebagai Kim Hyung-won, diperkirakan telah melarikan diri ke perbatasan Myanmar.

Rekomendasi