iPhone Bisa Jadi Pengganti Kartu Fisik Identitas di Jepang, Berlaku Musim Semi Mendatang

| 31 May 2024 17:00
iPhone Bisa Jadi Pengganti Kartu Fisik Identitas di Jepang, Berlaku Musim Semi Mendatang
IPhone untuk kartu identitas Jepang (Dok. Kyodo News)

ERA.id - Pemegang kartu identitas nasional 'My Number' di Jepang bisa menggunakan iPhone mereka sebagai pengganti kartu fisik mulai musim semi mendatang.

Kepala Sekretaris Kabinet Yoshimasa Hayashi mengatakan perizinan tersebut tercapai setelah Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan CEO Apple Inc. Tim Cook mengkonfirmasi perubahan tersebut dalam pertemuan hari Kamis, (30/5/2024).

Perkembangan tersebut terjadi setelah fungsionalitas tersebut ditambahkan ke smartphone Android pada Mei 2023.

Nantinya, bagi mereka yang memiliki My Number akan dapat menggunakan ponsel cerdas mereka sebagai pengganti kartu ketika berinteraksi dengan penyedia layanan publik seperti kantor kota atau kantor pajak.

"Kishida meminta Cook untuk mengizinkan iPhone menjalankan fungsi kartu My Number selama pertemuan bulan Desember 2022," kata sumber pemerintah, dikutip Kyodo News, Jumat (31/5/2024).

Di bawah sistem kartu My Number, yang diluncurkan pada tahun 2016, nomor 12 digit dikeluarkan untuk setiap penduduk Jepang untuk memusatkan berbagai data pribadi, seperti informasi pajak dan jaminan sosial.

Pemerintah mengatakan kartu tersebut membuat permohonan administratif lebih mudah bagi pemegangnya, sehingga memungkinkan mereka, misalnya, memperoleh dokumen resmi di toko serba ada atau mengajukan tunjangan penitipan anak secara online.

Pemerintah juga akan menghapuskan sertifikat asuransi kesehatan yang ada saat ini dan mengintegrasikannya ke dalam kartu My Number pada bulan Desember, yang berarti semua orang di Jepang akan diwajibkan untuk mendapatkan kartu tersebut karena sistem asuransi kesehatan negara tersebut mencakup semua penduduk.

Pemerintah juga bertujuan untuk memasukkan surat izin mengemudi ke dalam sistem pada bulan Maret 2025.

Menurut data pemerintah, hampir 74 persen penduduk Jepang telah mengajukan permohonan kartu My Number pada akhir April.

Pihak berwenang menghadapi hambatan dalam mendorong masyarakat untuk mengajukan kartu My Number menyusul terungkapnya kesalahan penanganan data pribadi, seperti kesalahan pendaftaran data asuransi kesehatan dan tersedia untuk orang lain selain pemiliknya.

Rekomendasi