Sorot Insiden Rafah di Forum IISS Shangri-La 2024, Prabowo Dorong Investigasi Komprehensif

| 02 Jun 2024 15:04
Sorot Insiden Rafah di Forum IISS Shangri-La 2024, Prabowo Dorong Investigasi Komprehensif
Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto (Dok. Tim Media Prabowo)

ERA.id - Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto menyerukan pentingnya solusi damai dari konflik dunia yang melibatkan sejumlah negara, seperti Palestina. Ia pun menyoroti serangan Israel ke Rafah yang terjadi beberapa waktu lalu.

Menurut Prabowo, perlu dilakukan investigasi komprehensif agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Peristiwa tragis baru-baru ini di Rafah, di Gaza yang telah mengakibatkan banyak korban tak berdosa, termasuk anak-anak, perempuan, dan warga sipil," kata Prabowo dalam forum IISS Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura, Sabtu (1/6).

"Insiden-insiden memilukan ini memaksa kita untuk segera menyerukan investigasi komprehensif. Kita memahami sepenuhnya bahwa tragedi seperti ini sangat penting untuk dicegah agar tidak terulang kembali," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Prabowo mengatakan, ia memahami bahwa konflik yang terjadi di Palestina memiliki riwayat panjang. Namun, dia menyebut, warga Palestina juga berhak atas kehidupan yang damai.

"Hak-hak itu tidak hanya bagi Israel, tetapi juga hak-hak rakyat Palestina atas Tanah Air mereka sendiri dan hidup dalam damai," ujar Prabowo.

Prabowo menyampaikan, Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia merasa turut prihatin dengan peristiwa yang terjadi di Palestina.

"Mengapa ini penting bagi kami? Karena Indonesia adalah bagian dari dunia Islam. Apa yang terjadi di Timur Tengah, apa yang terjadi di Gaza, berdampak pada keprihatinan masyarakat Indonesia," ungkap presiden terpilih periode 2024-2029 itu.

Rekomendasi