Dubes Australia Sebut Sekolah Setahun di Jakarta Bantu Perjalanan Kariernya

| 13 Jun 2024 19:30
Dubes Australia Sebut Sekolah Setahun di Jakarta Bantu Perjalanan Kariernya
Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia Penny Williams (kanan) menandatangani kerja sama dengan Universitas Negeri Padang, di Padang, Sumatera Barat, Kamis (13/6/2024). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

ERA.id - Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia Penny Williams mengaku perjalanan kariernya ikut terbantu dengan pengalamannya sekolah menengah atas (SMA) di Jakarta selama setahun.

"Perjalanan saya menjadi duta besar untuk Indonesia dibentuk oleh pengalaman pendidikan serta pertukaran pelajar ke Indonesia," kata Penny Williams di Padang, Sumatera Barat, Kamis (13/6/2024), dikutip dari Antara.

Hal tersebut disampaikan Dubes Penny Williams pada peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Australia yang diselenggarakan di Universitas Negeri Padang.

Penny menceritakan sempat mengenyam pendidikan tingkat SMA selama setahun di Jakarta dan tinggal bersama warga asli Indonesia. Pengalaman itu menjadi sesuatu yang berharga dan berpengaruh besar pada perjalanan kariernya.

Secara umum, hubungan Indonesia dengan Australia sudah terjalin sejak sebelum Indonesia merdeka. Bahkan, negara berjuluk "Benua Pulau" itu termasuk salah satu negara paling awal yang mendukung kemerdekaan RI.

"Pada saat itu, Australia mewakili Indonesia dalam perundingan PBB untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia," ucap Dubes Penny.

Tidak hanya itu, di Australia sejumlah pekerja di dermaga Australia turun ke jalan dengan menyerukan boikot terhadap kapal Belanda yang sedang bersandar di pelabuhan negara itu.

"Sejak merdeka hingga saat ini Indonesia menjadi mitra terpenting Australia," ujar dia.

Apalagi, lanjutnya, secara geografis kedua negara juga berdekatan sehingga butuh kolaborasi dan kerja sama untuk menghadapi berbagai potensi tantangan pada masa depan.

Rekomendasi