AS Kecam Peningkatan Kerja Sama Militer Rusia dan Korea Utara

| 22 Jun 2024 16:15
AS Kecam Peningkatan Kerja Sama Militer Rusia dan Korea Utara
Blinken (X/SecBlinken)

ERA.id - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengecam kerja sama militer antara Rusia dan Korea Utara yang semakin erat. Blinken menekankan pentingnya aliansi kuat AS-Korea Selatan dalam mempromosikan perdamaian.

Dalam sebuah panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan (Korsel) Cho Tae-yul, Blinken menegaskan kembali pentingnya aliansi kuat AS-Korsel dalam mempromosikan perdamaian, keamanan, dan kesejahteraan di seluruh dunia.

"Menlu mengecam kerja sama militer yang semakin erat antara DPRK (Republik Demokratik Rakyat Korea) dan Rusia, termasuk transfer senjata yang sedang berlangsung yang melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan PBB," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Mathew Miller, dikutip Anadolu, Sabtu (22/6/2024).

"Menlu Blinken dan Menlu Cho juga sepakat untuk terus bekerja sama guna mengatasi tantangan keamanan yang kompleks dan terus berkembang dari DPRK, serta untuk mendukung perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan," tambah pernyataan itu.

Blinken juga berterima kasih kepada Cho atas dukungan Korsel yang terus berlanjut untuk Ukraina.

Panggilan telepon itu dilakukan setelah kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Korut pekan ini, di mana Moskow dan Pyongyang membuat komitmen untuk menyediakan bantuan militer kepada satu sama lain jika salah satu dari mereka diserang.

Rekomendasi